Taman Budaya Provinsi Maluku Gelar Final Lomba Paduan Suara Tingkat SMA, SMK Dan MA Tahun 2024

CM, AMBON

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku yang diwakili oleh Kepala Bidang Pariwisata dinas pendidikan dan provinsi Maluku, Wilco Hukom membuka dengan resmi pelaksanaan lomba paduan suara tingkat SMA, SMK dan MA tahun 2024.

Sebelum membuka dengan resmi pelaksanaan kegiatan dengan menabuh tifa, Hukum yang membacakan sambutan tertulis Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, antara lain mengatakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan lomba paduan suara tahun 2024 adalah: 

Pertama. Meningkatkan kualitas seniman muda daerah Maluku yang kompetitif dan berdaya saing.

Kedua meningkatkan kreativitas dan mengembangkan talenta seniman musik daerah Maluku.

Ketiga. Meningkatkan peranan institusi pembina seni budaya dalam pemajuan kebudayaan di daerah Maluku.

Dikatakan di sinilah fungsi strategis pemerintah provinsi Maluku, dalam hal ini dinas Pendidikan dan kebudayaan guna menciptakan ruang pencerdasan di mana pandangan terhadap seni budaya tidak hanya terbatas pada instrumen hiburan belaka melainkan pada suatu ruang kreativitas yang dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para seniman maupun pekerja seni lainnya.

"Teruslah berkarya bagi pemajuan kebudayaan di daerah ini. Tingkatkanlah kreativitas, tetaplah semangat dalam menggali dan mengembangkan  talenta yang dimiliki serta meningkatkan terus inovasi-inovasi karya seni agar kita mampu bersaing dalam konteks blantika musik dan industri seni global."ujar kadis.

Sementara itu dalam laporan kegiatannya Ketua Panitia penyelenggara Retno Hendarti mengatakan sebagai salah satu lembaga teknis pemajuan kebudayaan di daerah UPTD Taman Budaya provinsi Maluku senantiasa memberikan perhatian terhadap geliat perkembangan seni di daerah khususnya seni khusus khususnya seni suara, hal ini diwujudkan dengan memberikan ruang dan kesempatan kepada stakeholder kebudayaan dalam hal ini lembaga pendidikan dan Kebudayaan melalui tingkatan sekolah menengah Atas sebagai generasi muda untuk berpacu lewat lomba paduan suara. 

Oleh karena itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Maluku lewat program Taman Budaya provinsi Maluku melaksanakan lomba final paduan suara tingkat SMA SMK dan MA tahun 2024,

Disebutkan kegiatan ini dilaksanakan dalam dua babak yaitu babak dan babak final gimana babak penyisihan telah berlangsung pada tanggal 10 Oktober tahun 2024 yang diikuti oleh 15 peserta 14 dari Kota Ambon dan satu peserta berasal dari kabupaten Seram bagian Barat.

Selanjutnya menurut Retno setelah digelarnya babak penyisihan maka diperoleh 10 peserta yang masuk dalam babak final yang berlangsung pada Jumat 25 Oktober 2024. 

Menurutnya kegiatan ini dibiayai oleh dana alokasi khusus (DAK) non fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Taman Budaya yang tertampung pada DPA SKPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Maluku Tahun Anggaran 2024.(CMe)