Perpustakaan Salah Satu Indikator Penilaian Akreditasi Sekolah dan Kinerja Kepala Sekolah


CM, AMBON 

Pejabat Sekretaris Kota Ambon Robby Sapulette, mengingatkan seluruh kepala sekolah di berbagai daerah akan pentingnya pengelolaan perpustakaan sebagai salah satu indikator dalam penilaian akreditasi sekolah dan kinerja kepala sekolah

Hal ini, disampaikan Sapullete usai membuka kegiatan pembinaan perpustakaan untuk seluruh jenjang pendidikan dasar di Kota Ambon diselenggarakan  pada ruang hotel grand avira Rabu, 9/9/2024.

Dikatakan bahwa,dalam kegiatan bimbingan teknis yang diselenggarakan ini, Kepala Sekolah harus mempersiapkan perpustakaannya untuk memenuhi standart Akreditasi.

Pengelolaan perpustakaan merupakan salah satu indikator dalam menilai kinerja kepala sekolah, jadi harus serius dalam mengelolanya.

Ditambahkan, perpustakaan bukan hanya sekadar tempat menyimpan buku, tetapi memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas pendidikan dan kinerja kepala sekolah.
Perpustakaan yang baik juga akan membantu meningkatkan minat baca siswa, yang saat ini masih menjadi perhatian serius di Indonesia.

"Minat baca kita di Asia Tenggara sudah mendekati Thailand. Jika Thailand berada di angka 61, kita berada di angka 60. Ini menunjukkan minat baca kita masih rendah,"ujarnya

Peran kepala sekolah, guru, dan orang tua sangat penting dalam membudayakan kebiasaan membaca di kalangan anak-anak.

Sapullete berharap, semua pihak bisa mendorong anak-anak untuk gemar membaca, baik di sekolah maupun di rumah. Membaca tidak hanya meningkatkan pengetahuan, tetapi juga memperluas wawasan mereka.

Diera digital  akses terhadap informasi semakin mudah baik melalui buku, media sosial, maupun perangkat elektronik seperti ponsel.

Untuk itu Sapulette mengingatkan agar penggunaan ponsel diarahkan untuk hal-hal positif, seperti membaca berita dan referensi yang bermanfaat.
Selain itu, perpustakaan sekolah harus mampu menjadi ruang yang ramah anak, aman, dan nyaman sehingga siswa tertarik untuk berkunjung dan memanfaatkan fasilitas tersebut.

"Kepala perpustakaan harus memastikan perpustakaannya bisa memberikan akselerasi bagi siswa, agar mereka merasa nyaman dan termotivasi untuk membaca"

Sebagai catatan, salah satu indikator evaluasi kinerja kepala sekolah adalah bagaimana mereka mengelola perpustakaan sekolah. Oleh karena itu, pengelolaan perpustakaan harus menjadi perhatian utama dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.(CMb)