Meriahkan HUT Karantina ke 147, Balai Karantina Maluku Gelar Donor Darah, Pasar Murah dan Sosialisasi UU Karantina

CM, AMBON

Kepada Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Provinsi Maluku, Abdur Rohman mengatakan, dalam rangka menyemarakkan hari Ulang Tahun Karantina yang ke- 147 tahun 2024 maka dilaksanakan serangkaian kegiatan berupa sosialisasi kepada masyarakat terkait UU Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan sesuai dengan UU no.21 tahun 2019.

Demikian antara lain penjelasan Rohman kepada wartawan di Ambon, Rabu,16/10/2024.

Dikatakan selain sosialisasi UU, dilakukan pula kegiatan donor darah di mana pihaknya berkoordinasi dan bekerjasama dengan PMI yang ada di Maluku.

Peserta donor darah adalah para pegawai Karantina dan juga dari masyarakat sekitar kantor Karantina berada.

Dan kegiatan ketiga adalah pelaksanaan vaksin rabies untuk binatang peliharaan seperti Kucing dan Anjing.

Selain itu Balai Karantina juga menggelar Pasar Murah dimana pihaknya berkolaborasi dengan supplier-supplier sembako dan toko-toko grosir.

Kemudian dalam rangka pemberdayaan perempuan yang ada di Balai Karantina maka dharma wanita di lingkungan Balai Karantina dilibatkan. Hal ini menurut Rohman sangat penting sehingga para perempuan di lingkup Balai Karantina merasa bahwa mereka juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan di Balai.

Dikatakan selain di Ambon, secara serentak Badan Karantina Indonesia itu melaksanakan seperti yang dilaksanakan di Ambon Maluku. Oleh sebab itu pada acara puncak perayaan nanti dipusatkan di Jakarta atau di kantor pusat di mana dari gabungan Papua dan Maluku akan mengirimkan kontingennya yang mengikuti sejumlah kegiatan olahraga seperti bola Voly, Bulu Tangkis dan Tenis Meja.

Rohman berharap dengan berbagai kegiatan dalam mengisi dan merayakan HUT Karantina tahun ini semoga Karantina Indonesia itu berguyup dan bersatu membangun Badan Karantina Indonesia secara bersama.(CMe)