Pangdam Pattimura Ajak Prajurit Cintai Alam


CM, AMBON 

Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., mengajak prajuritnya untuk mencintai alam terutama lautan. Yang mana, lautan merupakan sumber kehidupan bagi rakyat Maluku mayoritas. Wujud kecintaan ini di implementasikan dengan melaksanakan kegiatan "Renang Pantai dan Penanaman Terumbu Karang", Kamis (5/9/2024) Pagi.

Diawali dengan melaksanakan renang pantai yang dipimpin langsung oleh Pangdam dan diikuti seluruh Perwira Menengah (Pamen), Kowad dan Perwira Tinggi Kodam XV/Pattimura, titik start renang dari pantai Gudang Arang menuju finish di pantai Tapal Kuda, tepatnya di Baileo Emas Putih (BEP).

Renang merupakan olah raga yang sangat populer di kalangan masyarakat, namun untuk melaksanakan renang di laut sejauh kurang lebih 500 meter ini merupakan suatu hal yang tidak biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. Walaupun laut sedikit berombak, namun tak menyurutkan nyali dan semangat para perenang untuk menaklukkan rute renang yang dilalui.

Setibanya di finish, Pangdam dan peserta renang melanjutkan kegiatan penanaman secara simbolis terumbu karang di pantai depan Baileo Emas Putih (BEP). Setelah penanaman secara simbolis, kemudian penanaman terumbu karang dilanjutkan oleh tim Pattimura Diving Club (Padic) di kedalaman 7-10 m.

Pada kesempatan ini Pangdam mengatakan, kegiatan renang pantai dan penanaman terumbu karang yang dilakukan ini sebagai upaya untuk mencintai alam khususnya laut, karena Provinsi Maluku dan Maluku Utara wilayah geografisnya kurang lebih 92% merupakan laut.

"Saya selaku Pangdam menghimbau dan mengajak seluruh prajurit untuk mencintai alam, terutama laut. Kita baru saja berenang dilaut, kemudian kita lanjutkan penanaman terumbu karang di laut", tutur Pangdam.

"Semoga apa yang kita kerjakan pada hari ini, membawa dampak yang positif bagi Kodam Pattimura, juga untuk masyarakat. Kita jaga alam, alam jaga kita", pungkasnya. (Pendam 16/CMe)