Hadiri Peringatan Maulid, Pangdam: Jadikan Akhlak Rasulullah Sebagai Teladan


CM, AMBON 

Pangdam XV/Pattimura, Mayjen TNI Syafrial PSC., M.Tr.(Han)., menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan di Masjid Al-Ittihad, Belakang Kota, Kel. Uritetu, Kec. Sirimau, kota Ambon, Selasa (17/9/2024).

Dalam sambutannya, Pangdam XV/Pattimura menyampaikan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala, sehingga pelaksanaan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dapat terlaksana. Beliau juga mengatakan bahwa, peringatan Maulid Nabi bukan sekadar seremonial belaka, namun hendaknya dijadikan momentum untuk meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW.

Lanjut dikatakan Pangdam, peringatan Maulid Nabi yang mengusung tema "Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW dalam Mewujudkan Personel Kodam XV/Pattimura yang Religius" ini juga, menjadi momen refleksi bagi seluruh prajurit Kodam XV/Pattimura untuk terus berpegang pada ajaran dan teladan Rasulullah dalam menjalankan tugas pengabdian kepada negara dan masyarakat.

Pangdam XV/Pattimura menekan agar, prajurit menjadikan akhlak Nabi sebagai contoh dalam kehidupan "Sebagai seorang prajurit dan umat Muslim, kita wajib mengikuti dan meneladani akhlak Rasulullah dalam menjalankan tugas serta kehidupan sehari-hari," ajak Pangdam.

“Nabi Muhammad SAW adalah panutan kita, baik sebagai pemimpin, Panglima Perang, maupun sebagai pemimpin umat. Banyak nilai-nilai yang dapat kita pelajari dari sejarah hidup beliau dan kita terapkan dalam kehidupan kita sebagai prajurit,” ujar Pangdam.

Dalam kesempatan yang sama, Kabintaljarahdam XV/Pattimura Kolonel Inf Mustaqfirin, S.Ag., M.Sc., yang bertindak sebagai penceramah, menyampaikan arti dari Maulid itu sendiri, yaitu peringatan kelahiran Rasulullah SAW sebagai Rahmatanlilalamin. Maulid Nabi ini adalah momen untuk menggali kembali sejarah beliau dan mengambil pelajaran dari akhlak mulia Rasulullah.

Menutup ceramahnya, Kabintal mengatakan bahwa, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bukan hanya sekadar mengenang kelahiran beliau, tetapi juga meneladani sikap, akhlak, dan perjuangan Rasulullah dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdam XV/Pattimura Brigjen TNI Dr. Nefra Firdaus, S.E., M.M., Irdam XV/Pattimura Brigjen TNI Muhammad Ali, Danrindam XV/Pattimura Brigjen TNI Antoninho Rangel da Silva, S.IP., M.Han., PJU Kodam XV/Pattimura, Prajurit dan PNS yang beragama muslim. Hadir pula Ketua Persit KCK XV/Pattimura Ny. Shinta Syafrial beserta pengurus.(CMe)