DPRD Kota Ambon Gelar Sidang Paripurna Tetapkan Fraksi-Fraksi dan Unsur Pimpinan Definitif Periode 2024-2029


CM, AMBON 

Paskah dilantik menjadi Anggota DPRD Kota Ambon periode 2024-2029, selama 17 hari kerja 34 Anggota Dewan terlantik di bawah pimpinan sementara Mourits Tamaela bekerja secara maksimal hingga menghasilkan 3 produk Dewan yang disahkan dan ditetapkan dalam Sidang Paripurna Perdana pada Senin, 30/9/2024.

Ketiga produk DPRD kota Ambon yang disahkan dalam rapat paripurna perdana itu masing-masing : penetapan Fraksi-Fraksi DPRD kota Ambon; Pengesahan Panitia Khusus pembahasan Tatib DPRD Kota Ambon; Dan Penetapan Calon Pimpinan DPRD Kota Ambon periode 2024-2029.

Pimpinan Sementara DPRD Kota Ambon, saat membuka Rapat Paripurna seraya memanjatkan puji Syukur Kepada Tuhan sambil mengatakan berdasarkan surat pimpinan sementara DPRD Kota Ambon, nomor 172.5/188/DPRD/2024, tanggal,  13 September 2024 dengan hal permintaan nama Ketua Fraksi dan susunan komposisi Fraksi maka telah diterima seluruh usulan susunan keanggotaan Fraksi-Fraksi DPRD kota Ambon dan dengan memperhatikan kehadiran anggota dewan sebanyak 28 orang dari Anggota DPRD kota Ambon dengan 3 anggota meminta izin sehingga rapat paripurna dinyatakan quorum.
Dengan demikian maka rapat paripurna masa persidangan 1 tahun sidang 2024-2025 dibuka dengan resmi dan terbuka untuk umum.

Usai mengetuk palu rapat paripurna, kemudian Sekretaris DPRD kota Ambon berkenan membacakan 3 surat yang merupakan produk perdana dewan yang hendak mendapatkan pengesahan dan penetapan oleh sidang dewan yang terhormat.

Sementara itu ke- 34 anggota DPRD Kota Ambon kurang 1 anggota terpilih yang meninggal dunia sebelum pelantikan dewan, dibagi dalam 7 fraksi utuh dan 2 fraksi gabungan, masing-masing:
Pertama : Fraksi Nasdem yang diketuai Natan Palonda; Fraksi PDI Perjuangan dengan ketuanya Lucky Upulatu Nikijuluw; Fraksi Perindo dengan ketuanya Rawidin B. La Ode Ido; Fraksi PKB dengan ketuanya Swenly Hursepuny; Fraksi Golkar dengan Ketuanya Zeth Pormes; Fraksi Demokrat dengan Ketuanya Femri Tuwanakotta,; serta Fraksi Gerindra dengan Ketuanya Valentino Jones Amahorseja.

Sedangkan 2 Fraksi gabungan masing-masing: Fraksi Keadilan Amanat Pembangunan yang beranggotakan PPP, PAN, PKS, dengan ketuanya Taha Abubakar, Sedangkan Fraksi Hati Nurani Buruh Solidaritas  beranggotakan gabungan dari Hanura, Buruh, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI ) dengan ketuanya Hadiyanto Junaidi.

Selanjutnya, usai mengetuk palu pertanda pengesahan dan penetapan 3 produk dewan tersebut, pimpinan sementara DRPD dan kedua wakilnya masing-masing: , Gerald Mailoa asal PDI Perjuangan sebagai Wakil Ketua I, dan Patrick Munandar dari Perindo selaku Wakil Ketua II periode 2024-2029 spontan menyalami seluruh anggota dewan yang hadir dalam sidang Paripurna pertama itu sebagai ungkapan sukacita sebab telah ditetapkan sebagai unsur pimpinan definitif sambil menunggu pelantikan beberapa waktu mendatang. (CMt)