Tahun Akademik 2024-2025 Polnam Bakal Jalankan Program RPL


CM, AMBON 

Wakil Direktur (Wadir) 1 Bidang Akademik  Politeknik Negeri Ambon (Polnam), Novie Tetelepta mengatakan, hingga saat ini proses penerimaan Mahasiswa baru untuk jalur Mandiri 2 Polnam tahun akademik 2024/2025 masih terus berlangsung dan kini berada calon mahasiswa yang telah terjaring sedang dalam tahapan pemeriksaan kesehatan.

Demikian antara lain penjelasan Tetelepta kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu, 14/8/2024.

Dikatakan, untuk penerimaan mahasiswa baru lewat jalur mandiri 2 yang mendaftar sebanyak 170 orang dan yang lulus seleksi sebanyak 167 orang.

Meskipun demikian bagi yang lulus ini sedang dalam pemeriksaan kesehatan dimana masih ada kemungkinan jika dalam pemeriksaan kesehatannya tidak memadai maka jumlah itu berpotensi berkurang. Kendati demikian pihaknya berharap seluruh calon mahasiswa dalam keadaan sehat sehingga segera terakomodir dalam daftar kuota penerimaan calon mahasiswa baru tahun akademik 2024-2025 yang segera akan mulai bergulir kegiatan perkuliahannya pada 9 September mendatang usai mengikuti masa pengenalan lingkungan kampus serta pendaftaran kembali setelah adanya klasifikasi bagi mereka yang lulus beasiswa dan pembayaran UKT bagi calon mahasiswa yang tidak masuk dalam jalur beasiswa.

"Pengusulan berkas KIP ini berlangsung dari tanggal. 12-16 Agustus dan dalam Minggu ini selesai sehingga dong musti bayar UKT itu tanggal 19-21 Agustus". Ujar Tetelepta sambil menambahkan untuk pembayaran UKT itu sendiri selain dilakukan oleh calon mahasiswa baru tetapi juga akan diikuti oleh mahasiswa lama karena pembayaran bagi mahasiswa lama itu masih tergantung dari hasil evaluasi dari tim evaluasi yang disampaikan dari jurusan-jurusan dengan hasil evaluasi yang meliputi berapa yang lulus, berapa yang DO, berapa yang cuti dimana jika hasil evaluasi ini sudah selesai barulah nama-nama mereka masuk ke Bank kemudian mereka bisa melakukan proses pembayaran UKT di Bank.

Menariknya menurut Wadir 1 bidang Akademik ini untuk tahun 2024-2025, kuota yang tersedia di Polnam itu banyak hanya saja dikembalikan kepada masyarakat. Diakui secara total dari seluruh jalur yang tersedia dalam proses rekrutmen mahasiswa baru di Polnam tahun ini calon mahasiswa yang telah lolos hampir mencapai 800 orang sehingga masih tersedia lagi kurang lebih 100 orang.

Menurut Tetelepta dan waktu dekat juga Polnam membuka peluang bagi putra-putri Maluku untuk belajar di Polnam dalam jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau.
Disebutkan khusus untuk RPL ini diperuntukan bagi mahasiswa lulusan alumni Polnam maupun dari luar Polnam baik pegawai maupun non pegawai yang punya jurusan yang sama boleh mendaftar untuk mengambil program sarjana. Menurut Tetelepta untuk RPL ini telah tersedia 5 jurusan yang telah disetujui di pusat dari seluruhnya  6 jurusan yang diusulkan Polnam.(CM01)