Menyongsong Momentum Kemerdekaan RI Ke-79 Balai Karantina Maluku Bangun Silaturahim dan Sosialisasi Tusi

CM, AMBON 

Kepala Balai Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan Maluku (Karantina Maluku), Abdur Rohman, mengatakan dalam rangka memeriahkan dan merayakan HUT kemerdekaan RI yang ke-79 pada tangga 17 Agustus 2024, Balai Karantina Ambon bersama dengan 7 unit lain yang merupakan UPT Pusat di daerah melaksanakan serangkaian kegiatan mulai tanggal 1 Agustus sampai berpuncak pada perayaan pengibaran Bendera Merah Putih tepat pada 17 Agustus mendatang.

Demikian antara lain penjelasan Rohman kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu, 14/8/2024.

"Kami bersama-sama dengan kawan-kawan UPTD Pusat berkolaborasi kita melaksanakan kegiatan perlombaan untuk memperingati 17 Agustus tersebut.

Dan hal ini sudah mulai berlangsung dari tanggal 1 Agustus kita sudah melangsungkan perlombaan dengan teman-teman UPT di luar kementerian atau lembaga badan karantina seperti: BKSDA, BSIP, SUPM, Pangkalan STKP,  Balai standarisasi kemudian SUPM PeriKanan, BPKP,Balai Pertanian yang mengikuti kegiatan perlombaan dan akan berakhir pada 16 Agustus nanti. Dan puncaknya nanti akan dilakukan upacara Bendera di kantor BSIP bersama-sama seluruh UPTD terkait dengan tujuan adalah untuk mempererat dan menjalin silaturahmi dan juga mensosialisasikan tugas dan fungsi masing-masing unit pelaksana Teknis di masing-masing Kementerian.

"Jadi kami juga biar komunikasinya enak, silaturahminya gampang dan mereka tahu tugas dan fungsinya kita seperti apa. Dan kita saling berkolaborasi. Jadi untuk meningkatkan kerjasama."lanjut Rohman.

Disebutkan sebelumnya penanggungjawab kegiatan peringatan 17 Agustus adalah Balai Karantina akan tetapi untuk tahun 2024 ini pusat menunjuk dari BKSDA, sedangkan untuk tempat lomba maupun pelaksanaan upacara bendera tetap di BSIP yang memiliki halaman dan lapangan upacara yang luas disamping lebih lengkap juga prasarana olahraganya.

Dengan demikian untuk upacara benderanya yang akan bertindak selaku Irup adalah ketua Pelaksana di mana dalam hal ini Kepala BKSDA.

Adapun mata lomba dalam kegiatan ini adalah : Gawang Mini Putra-putri, Catur, Bulutangkis Putra-putri, Tenis Meja Putra-putri, Karoke lagu-lagu nasional serta dansa balon.

Kepada wartawan Rohman mengatakan selaku kepala Balai Karantina Hewan, Tumbuhan dan Ikan kiranya dengan memperingati 17 Agustus yang adalah hari Kemerdekaan ini agar hubungan dan kerjasama seluruh UPTD di daerah semakin dipererat silaturahmi dimana dalam bermain atau berlomba tidak harus menang tetap yang paling penting adalah bisa berkolaborasi dan saling mempererat hubungan kerja dan tugas dan fungsi masing-masing bisa tersosialisasi.(CM03)