Jumlah Wisudawan Membludak, Unpatti Bakal Canangkan 4 Kali Wisuda Setahun

CM, AMBON

Rektor Unpatti Prof. Dr. Fredy Lewakabessy mengatakan mencermati jumlah Wisudawan yang semakin banyak maka ke depan bakal dilaksanakan 4 kali wisuda dalam setahunnya.

Demikian antara lain penegasan Lewakabessy kepada wartawan di kampus Unpatti, Kamis, 29/8/2024 usai mewisuda 1.920 wisudawan pada periode 2 tahun 2024, Agustus 2024.

Selanjutnya Lewakabessy mengatakan, untuk tahun 2024 ini masih ada lagi satu kali wisuda pada Desember mendatang tapi mungkin dalam rencananya akan ditambah jumlah pelaksanaan wisuda karena untuk pelaksanaan kali kedua ini saja jumlahnya banyak namun pihaknya bersyukur bahwa pelaksanaannya sukses dan meskipun banyak sampai mencapai 1.920 wisudawan, namun yang diharapkan kualitasnya juga baik karena kualitas lulusan ini menjadi salah satu indikator yang penting untuk mereka bisa terserap di dunia kerja  itu adalah akreditasi program studi.

"Jadi dalam konteks pemberlakuan Permendikbud ristek nomor 53 tahun 2023 itu maka ada 4 kategori akreditasi prodi, yaitu: tidak terakreditasi, terakreditasi, akreditasi unggul dan akreditasi Internasional."ujarnya sambil menambahkan dalam visi besarnya untuk membangun unpatti adalah: Unpatti menjadi unggul dan bersinar.

Dijelaskan, dalam konsep bersinar itu artinya Unpatti bisa menunjukkan kepada masyarakat dan kepada masyarakat bahwa baik regional, nasional maupun internasional bahwa unpatti memiliki keunggulan strategis baik dari sisi pendidikan dan pengajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Dan salah satu indikator penting dari keunggulan itu adalah Jumlah program studi yang terakreditasi unggul. Oleh sebab itu Lewakabessy mengatakan puji Alhamdulilah karena tiga hari sebelum wisuda, salah satu prodi yakni Ilmu kelautan memperoleh akreditasi unggul. Dan menurutnya kalau lulusan Unpatti itu diluluskan dari prodi yang terakreditasi unggul bahkan akreditasi Internasional maka levelnya bisa bersaing dalam pengharapan tenaga kerja di dunia pemerintah, swasta dan di lembaga-lembaga terkait lainnya.

"Kebanyakan mereka akan melihat pada bagaimana lulusan-lulusan dari prodi yang diakreditasi."tutupnya.(CMe)