Tahun Ajaran 2024/2025 SMA Negeri 1 Ambon Menerima 590 Siswa/i Baru



CM, AMBON 

SMA Negeri 1 Ambon (SMANSA) telah menyelesaikan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk 590 siswa baru kelas 10 pada tahun ajaran 2024/2025. Kepala SMANSA, Drs. Alex R. Tahalele, M.Si, mengonfirmasi hal ini dalam pernyataannya pada kepada wartawan di kantornya, Senin, 15 Juli 2024.

Tahalele menjelaskan bahwa pelaksanaan MPLS tahun ini mengikuti panduan dari Direktur SMA, Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek (Kemendikbudristek). Fokus utama dari MPLS adalah untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru tanpa kegiatan fisik yang menguras tenaga. Selain itu, kegiatan ini bertujuan menanamkan budaya sekolah, menjelaskan tata tertib, serta memperkenalkan kurikulum kepada para siswa.

Salah satu kegiatan MPLS melibatkan Polda Maluku yang memberikan penyuluhan tentang bullying. Perwakilan dari Polda menjelaskan tentang bahaya kekerasan dan pentingnya menjalin hubungan baik antar siswa.

Setelah MPLS, SMANSA juga mengadakan tes psikologi untuk para siswa baru. Tahalele menekankan pentingnya tes ini karena hasilnya akan digunakan untuk mengarahkan siswa dalam memilih kelompok mata pelajaran saat naik ke kelas 11, sesuai dengan Kurikulum Merdeka (Kumer) yang digunakan sekolah.

Dalam Kurikulum Merdeka, tidak ada jurusan tetap seperti pada kurikulum sebelumnya. Sebaliknya, siswa memilih kelompok mata pelajaran yang disesuaikan dengan sumber daya sekolah. Misalnya, kelompok mata pelajaran kesehatan yang mencakup Fisika, Kimia, dan Biologi, yang penilaiannya akan digabung menjadi satu nilai IPA.

Tahalele juga menyinggung peningkatan jumlah siswa tahun ini yang kemungkinan besar disebabkan oleh kebijakan menarik guru-guru ASN dari sekolah swasta ke sekolah negeri, membuat banyak orang tua memilih menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah negeri.(CM*01)