SMA Negeri 6 Ambon Bakal Gelar MPLS Senin Besok

CM, AMBON

Kepala SMA Negeri 6 Ambon, Wempie M.G. Mapussa, S.Pd,M.Pd mengatakan usai PPDB dimana jumlah calon siswa yang terdaftar di sekolahnya sebanyak 65 siswa dari yang mendaftar secara online sebanyak 95 siswa maka pada hari Senin, 15/07/2024 akan dilakukan Masa Pengenalan Lingkungan bagi ke-65 calon siswa baru untuk mengenal lingkungan sekolah dan program belajar mengajar di sekolah tersebut.

Demikian antara lain penjelasan Mapussa kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat, 12/07/2024.

Dikatakan, untuk proses MPLS itu sendiri yang bakal bertanggungjawab atas penyelenggaraannya adalah pihak bidang kesiswaan sementara selaku kepala sekolah tinggal menunjang program kerja dari kesiswaan.

Menurutnya dalam kegiatan MPLS nanti telah diatur sedemikian rupa sehingga materinya tidak hanya dari internal sekolah akan tetapi ada pula pemateri dari eksternal, seperti misalnya Kapolsek Nusaniwe juga akan dimintakan kesediaannya untuk memberikan materi.

Disebutkan adanya pemateri yang datang dari luar itu agar tercipta kolaborasi antara pihak sekolah dan eksternal sekolah.

"jadi nanti hari Senin di bawah komando kesiswaan. 

Tetap saya arahkan dan mereka sementara gladi hari ini."terangnya.

Untuk lokasi MPLS itu sendiri kata Kepsek sekolah menyiapkan dua lokasi sehingga jika terjadi hujan maka kegiatan akan dilakukan di dalam ruangan tetapi jika cuacanya mendukung maka dilakukan di lapangan.

Selanjutnya menurut Mapussa selama berlangsungnya MPLS dirinya tetap mempercayakan kesiswaan untuk menanganinya. Karena itu rananya kesiswaan.

Sementara itu Mapussa menjelaskan saat PPDB berlangsung pihaknya tetap menggunakan aplikasi yang dikendalikan oleh dinas Pendidikan dan Kebudayaan sehingga pihak sekolah cuman ikut.

Diakuinya yang terdaftar di by aplikasi itu sebanyak 95 orang namun realitanya yang ada sekarang ini 65 orang. Itu berarti ada yang mungkin bergeser ke SMK atau sekolah lain di mana SNA Negeri 6 hanya menjadi pilihan kedua 

Disebutkan pula jika bicara tentang PPDB maka calon siswa yang ada saat inilah yang memilihnya karena harus dibenahi lagi sekolahnya mengingat ada kemungkinan sekolahnya bukan menjadi tujuan dan pilihan yang disebabkan barangkali ada kelemahan-kelemahan atau mungkin karena yang dijual barangkali saja tidak laku dan sebagainya, sehingga selaku kepala sekolah Mapussa mengatakan itu menjadi tantangan bagi pihaknya di SMA Negeri untuk ke depan bagaimana menjadikan sekolahnya sebagai pilihan. Karena di tahun kemarin juga demikian, akuinya.

Tetapi satu hal yang mau dikatakannya adalah selaku kepala sekolah dirinya tidak mau guru-gurunya capai untuk kerja 2 sip, kalaupun jumlahnya tercapai maka cukup satu sip saja.(CM*01)