Hasil Survei Versi Bedah Nusantara Konsultan, Bodewin Wattimena Tertinggi di Kota Ambon


CM, AMBON 

Direktur Bedah Nusantara Riset dan Konsultan, Stif Palyama menggelar konferensi Pers di Manise Hotel, Kamis, 04/07/2024 untuk mengumumkan hasil kerja tim surveynya terkait Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Ambon yang saat ini dengan penuh kecemasan menantikan rekomendasi dari partai-partai Politik di Kota Ambon.

Konferensi pers bertemakan Peluang Paslon dalam Lingkaran Kecemasan itu  mengetengahkan berbagai data yang diperoleh di lapangan.

Dikatakan tema tersebut diangkat karena hari ini setiap orang lagi membahas tentang bakal calon yang sementara berproses. 

Bahkan titip karena sudah mengklaim ada calon yang sudah memperoleh rekomendasi tapi ada pula yang belum dan kemudian terungkap Republik dalam bentuk treatment-treatment negatif lain akan mendekati pihaknya tidak menyoroti tentang soal negatifnya tetapi pihaknya mendirikan bersama kepada ibu bahwa setiap calon saat ini pun masih dalam kecemasan yang tinggi. 

Rata-rata dari mereka masing-masing berusaha untuk mendapatkan target 20% dan yang lainnya sementara berproses apakah soal nanti didukung atau tidaknya itu kembali lagi ke partai politik sehingga pihaknya mengangkat tema di atas.

Disebutkan survei yang dilakukan merata di seluruh kecamatan di Kota Ambon yakni 5 Kecamatan dengan jumlah desa dan kelurahan per Kecamatan dengan persentase 33% sampelnya di kecamatan Sirimau, 24% Nusaniwe, 14% kecamatan Baguala, Teluk Ambon 13 Persen dan Leitimur Selatan 8 %.

Survey yang dilakukan mencakup laki-laki dan perempuan dengan perbandingan perempuan 57% dan laki-laki 43% dan mencakup pemilih pemula, pemilih generasi kedua pemilih matang dan pemilih yang berusia diatas 51 tahun dengan presentasi yang bervariasi.

Selain itu tim surveinya juga mengambil sampel dengan kategori pekerjaan dan pendidikan.

Dijelaskan bahwa dari hasil survei yang dilakukan elektabilitas dari masing-masing calon Wali Kota secara real adalah : Bodewin Wattimena berada pada posisi 45,9% disusul Jantje Wenno 13,9% Agus Riri masih 12, 6%, Antoni Latuheru 8,7% Alexander Waas 4,2%,  Tadi Salampessy 2,2%, Ferly Tahapary 1,5%

Selain walikota tim juga melakukan survei bagi kurang lebih 15 calon wakil wali Kota Ambon
dengan hasil yang diperoleh adalah Ely Toisuta memiliki presentasi 14,1%, Diana Padang 11,8% Novan Lee 8,2% Olivia Latuconsina 7,1% Hariyanto 5,1% Rustam Latupono 4,9%, dan 9 orang lainnya berada di bawah angka 4,9%.(CM*01)