Babinsa Rumahtiga Bakal Jadi Pimpinan Upacara HUT RI SMA Negeri 3 Ambon

CM, AMBON

Kepala SMA Negeri 3 Ambon, Drs.M.J.Joi Sangadji, M.Pd, mengatakan untuk perayaan kemerdekaan RI, 17 Agustus tahun 2024 ini SMA Negeri 3 Ambon tidak memiliki panitia khusus akan tetapi dalam menghadapi 17 itu pasti ada iven-iven untuk proses memeriahkan hari Kemerdekaan dan itu disampaikan kepada anak didik supaya anak-anak tahu ini hari proklamasi yang merupakan hari yang penting bagi bangsa Indonesia untuk mengenang para pahlawan yang telah berjuang dan memperebut dan sampai kita telah merdeka.

Demikian antara lain penegasan Sangadji kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa, 30/07/2024.

Dikatakan, selanjutnya sebagai siswa dan guru serta masyarakat punya tugas untuk mengisi kemerdekaan ini dan mengingatkan kembali kepada warga sekolah terutama kepada para siswa bahwa dengan memeriahkan mungkin saja ada lomba internal yang nantinya diatur oleh Bidang Kesiswaan.

"Mungkin akan ada lomba-lomba untuk memeriahkan itu, apakah itu lomba debat, apakah itu lomba rangking satu atau pun olahraga-olahraga untuk mengarahkan ke sana".ujarnya.

Selanjutnya menurut Kepsek Sangadji khusus untuk puncak acara 17 akan dilakukan upacara bersama warga sekolah dan para Babinsa yang melakukan tugas di seputaran SMA Negeri 3 Ambon  di mana salah satu Babinsa akan bertugas selaku pemimpin Upacara sedang Kepala Sekolah akan bertindak sebagai Pembina Upacara.

Menurutnya, pembicaraan tentang upacara bersama para Babinsa dan Warga Sekolah itu telah dilakukan beberapa waktu lalu dimana untuk tertib dan suksesnya puncak perayaan yang ditandai dengan pengibaran Bendera itu, para Babinsa akan segera melatih siswa yang akan bertugas sebagai pasukan pengibar bendera Merah Putih menjelang puncak Perayaan.

"Mereka (Babinsa) minta sekolah sebagai pembina upacara, warga masyarakat, warga SMA 3 sebagai peserta, mereka yang memimpin.

Dan pada saat itu Beta (saya) minta bantu bantu melatih katorang punya tim paski untuk masuk pada acara 17an" terangnya.

Terkait dengan itu, Kepsek mengatakan waktu latihan akan diatur sedemikian rupa sehingga tidak akan menyita atau mengganggu waktu belajar efektif yakni di waktu sore serta pada hari Sabtu yang merupakan hari libur sekolah.

Menyoal tentang berapa banyak personil Babinsa yang bakal ikut hadir pada upacara perayaan HUT kemerdekaan di SMA Negeri 3 Ambon, Kepsek mengatakan belum dipastikan soal jumlah, tetapi saat kunjungan kerja Babinsa ke sekolah yang berada dalam wilayah kerja Babinsa dimana saat itu mereka menyaksikan lapangan upacara SMA Negeri 3 yang sangat luas menurut mereka sehingga mereka mau berpartisipasi dalam merayakan 17 Agustus bersama warga sekolah.(CM-01)