Akhir MPLS SMP Negeri 3 Ambon Ditandai Pelepasan Atribut SD Oleh Kepsek

CM, AMBON

Kepala SMP Negeri 3 Ambon, Herra Menny Pelupessy, S.Pd mengatakan SMP Negeri 3 Ambon memulai MPLS atau masa pengenalan Lingkungan Sekolah untuk calon siswa baru dari hari Selasa, 9 s/d Kamis 11/7/2024 atau 3 efektif dimana di dalam masa Pengenalan Lingkungan Sekolah itu banyak hal yang harus didapat oleh siswa dari para narasumber serta para wali kelas.

Demikian antara lain penjelasan Kepala Sekolah kepada wartawan di ruang kerjanya kemarin.

Dikatakan, materi yang didapat oleh calon siswa menyangkut profil sekolah, artinya para calon siswa diberitahu tentang profil sekolah kemudian juga tentang lingkungan sekolah yang akan calon siswa berproses selama kurang lebih 3 tahun, terutama bagaimana cara belajar di SMP yang tentu saja berbeda dengan berada di lingkungan SD. 

Disamping itu siswa juga diberitahu bagaimana tatakrama belajar di SMP.

Khusus tentang tatakrama, Kepsek menjelaskan ada banyak hal sebagai contoh ada tatakrama berbicara, sapaan.

"Jadi dengan hal-hal seperti itu kan dapat merubah sikap anak.

Yang biasanya orang tua bilang bicara seng (tidak) sopan-sopan dengan orang tua maka setelah di SMP siswa harus bicara sopan dengan orang tua", ujarnya.

Kepada wartawan Kepsek Pelupessy mengatakan puncak dari MPLS ditandai dengan pelantikan calon siswa menjadi siswa baru SMP Negeri 3 Ambon dimana atribut yang dipakai selama MPLS yakni seragam SD ajan ditanggalkan dan mengenakan seragam SMP kemudian juga menggantikan logo OSIS SD dengan logo SMP. Kemudian kegiatan MPLS dipuncaki dengan makan siang bersama.(CM*01)