Gelar Seleksi Mandiri 1, Peminat Prodi Teknik Informatika Melejit

CM, AMBON

Wakil Direktur (Wadir) 1 Bidang Akademik, Noce N.Tetelepta mengatakan dari semua prodi yang dibuka dalam seleksi Mandiri 1 tahun akademik 2024/2025, prodi yang paling krusial dengan peminat terbanyak adalah prodi teknik Informatika dimana saat pendaftaran tercatat 106 orang sedangkan yang mengikuti test masuk sebanyak 99 orang untuk merebut kuota yang tersedia hanya 15 orang. Demikian antara lain penegasan Tetelepta kepada wartawan di ruangan kerjanya, Rabu, 26/06/2024.

Dikatakan,untuk mensiasati jumlah pendaftar di prodi Teknik informatika pihaknya meminta persetujuan dari calon mahasiswa agar jika tidak lulus pada pilihan pertama dan jika nilainya cukup untuk pilihan kedua maka calon mahasiswa langsung dinyatakan lulus pada pilihan kedua dan bagi calon yang setuju maka langsung menandatangani pernyataan yang dibuat untuk itu.

"Jadi masing-masing calon mahasiswa itu sudah membuat pernyataan. Kenapa Katong bikin begitu karena ada kuota kuota yang memang besar tapi peminatnya kurang".ujar Tetelepta sambil mencontohkan misalnya prodi teknik produksi migas dimana hanya butuh 10 orang dari peminat 55. Itu menurutnya akibatnya sebagian kuota telah terisi melalui seleksi-seleksi nasional yang sudah lebih dulu dilakukan, sehingga jika kuota secara keseluruhan kurang pun akan dibuka Mandiri gelombang kedua untuk memenuhi kuota-kuota dari prodi yang masih kurang itu.

Selanjutnya kepada wartawan Tetelepta mengatakan secara keseluruhan pada seleksi Mandiri tahap pertama yang nanti akan diumumkan hasilnya pada tanggal 5 Juli mendatang peserta pendaftaran sebanyak 526 orang dan yang ikut tes sebanyak 501 orang sedangkan 25 orang tidak mengikuti test.

Menurut Wadir 1 Bidang Akademik ini, pengumuman hasil test mandiri 1 akan dilakukan pada tanggal 5 Juli kemudian akan dilanjutkan dengan pembukaan seleksi Mandiri 2 pada tanggal 10 s.d 25 Juli sedangkan testnya dilakukan pada 29 Juli kemudian pengumumannya berlangsung pada 2 Agustus 2024 mendatang.

Terkait dengan kesempatan dibukanya gelombang seleksi Mandiri 2 nanti, Tetelepta mengatakan pihaknya berharap para tamatan SMK dan SMA tahun ajaran 2024 akan dapat memanfaatkannya serta bagi Polnam sendiri adalah merupakan kesempatan untuk mengisi kuota-kuota yang masih lowong.(CM*01)