Tugas Dinas PM Dan PTSP MBD Naikan Investasi dan Tingkatkan Pelayanan Publik


CM, Tiakur 

Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kabupaten  Maluku Barat Daya merupakan salah OPD yang diberi tugas dari Bapak Bupati Maluku Barat Daya untuk meningkatkan investasi dan juga melaksanakan pelayanan publik.
Demikian penjelasan Kepala dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten MBD, Makaria Louhenapessy kepada wartawan di MBD Senin, 13/5/2024.

Dikatakan, Pelayanan publik yang dimaksud yaitu melakukan perizinan mengeluarkan segala perizinan yang merupakan kewenangan daerah maupun menyangkut OSS dan kalau kewenangan daerah itu merupakan pelimpahan wewenang Bupati kepada Dinas Penanaman Modal dan PTSP untuk melaksanakan tanda tangan dan sebagainya, meskipun demikian, ada hal yang bisa langsung diproses dan ada hal yang harus melakukan koordinasi dengan Bupati.

"Jadi Katong pung tugas itu ada tugas OSS dan tugas kewenangan daerah yaitu izin Reklame, Izin Praktek, izin UMKM dan sebagainya yang masi daerah punya.
Dan sementara Katong itu ada biking satu inovasi yaitu memakai aplikasi "Sicantik cloud" untuk sistim izin reklame ini tidak lagi manual tetapi online jadi walaupun ada di Wetang, ada dimanapun bisa langsung izin reklame bisa langsung proses" ujarnya.

Disebutkan pula  sementara ini ada 2 orang pegawai ditugaskan ke jakarta untuk ikut bimtek dan mungkin dalam tahun ini juga pihaknya sudah bekerja secara online  karena diupayakan untuk menghindari mall admistrasi atau pungli sehingga di dinasnya sudah menjalankan sistem satu pintu tapi masih terdapat praktek berpintu-pintu.

Dijelaskan pula, tahun ini juga mall pelayanan publik akan dibuka dan letaknya di ruko, dimana ada 6 ruko yang akan terpakai dan di situ akan terhindar dari segala masalah dan di situ pula sudah ditempatkan tenaga teknisnya, bahkan dari pihak kejaksaan juga punya urusan sudah tersedia  di situ. "Jadi mall batul-batul dan masyarakat zeng susah lai jadi mau pi Bank, Bank su ada disitu dan Katong pung tugas pelayanan publik dan meningkatkan investasi Maluku Barat Daya."tutupnya.(CME)