Diguyur Hujan, Perayaan Hari Tri Suci Waisak 2568 BE Berlangsung Meriah

Ambon,CM

Walau diguyur hujan lebat Peringatan Hari Tri Suci Waisak 2568 BE dilakukan Umat Budha yang ada di kota Ambon dilakukan dengan penuh khidmat dan kebahagiaan di Vihara Suarna Giri Tirta kawasan Gunung Nona, Kota Ambon Kamis 23 Mei 2024.

Vihara Suarna Giri Tirta tampak semarak, umat Buddha mengikuti rangkaian ibadah dengan penuh hikmah dari meditasi, pembacaan paritta suci, hingga pendharmaan. 

Ini dilakukan sebagai bentuk renungan terhadap ajaran Budha dan memohon kedamaian serta kesejahteraan bagi seluruh makhluk hidup.

Sebelum ibadah berlangsung, kepada wartawan, Bhikkhu Siri Ratano Mahathera menjelaskan, peringatan Tri Suci Waisak bentuk refleksi atas tiga peristiwa penting dalam kehidupan Buddha yakni kelahiran Pangeran Siddharta, pencapaian Penerangan Agung, dan wafatnya Buddha atau Parinibana. 

Sementara itu, Ketua Walubi Maluku, Wilhelmus Jauwerissa menyampaikan, peringatan Waisak kali ini diharapkan menjadi momentum penting bagi umat Buddha di Maluku untuk mempererat tali persaudaraan dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa yang lebih baik.

Walaupun hujan lebat tapi semua ini luar biasa, makanya kita wajib bersyukur kepada penguasa alam sesuai dengan keyakinan kita masing-masing. 

"Hari ini kita merayakan Tri Suci Waisak atau menyambut satu peristiwa penting dalam Tri Suci Waisak sebagai bentuk refleksi atas tiga peristiwa penting dalam kehidupan Buddha yakni kelahiran Pangeran Siddharta, pencapaian Penerangan Agung, dan wafatnya Buddha atau Parinibana. 

Peristiwa ini patut kita refleksikan sebagai umat Budha dengan menaikan doa dan syukur atas semua yang kita alami dalam hidup kita. 

Banyak perbedaan pendapat dan ketidak sepahaman dalam kehidupan harus kita renungkan dan sadari. Dengan merefleksikan kehidupan sang Budha maka kita bisa memperoleh kebijaksanaan dalam menyikapi setiap persoalan yang dihadapi di dalam kehidupan," ungkap Jauwerissa.(CM**)