Bupati MBD Dampingi Ketua Sinode GPM Resmikan Pastori Ilmarang

CM, MBD

Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Ilmarang Klasis Pulau-Pulau Babar Timur akhirnya memiliki sebuah pastori jemaat yang representatif dengan luas bangunan 8x14 m².

Dalam kesempatan tersebut, Ketua MPH Sinode GPM, Pdt. Elifas T. Maspaitella, M.Si dalam sambutannya mengatakan momentum peresmian gedung pastori Jemaat Ilmarang menjadi bukti penyertaan Tuhan bagi warga jemaatNya. 

"Sebagai gereja, kami harus mengakui pelayanan ini karena ditopangan dan dukungan yang sangat luar biasa dengan sungguh-sungguh dari setiap warga gereja", ungkap Maspaitella.

Ia mengatakan, Jemaat Ilmarang telah memiliki sebuah pastori yang minimalis tapi sangat representatif, semua ruang geraknya saling berjumpa satu dengan lainnya. 

"Terdapat sebuah pesan yang sangat kuat dari arsitektur gedung ini. Dimana setiap orang yang tinggal didalamnya saling berjumpa dan tempat perjumpaan itu ialah ruang makan", katanya. 

Ia menjelaskan, model bangunan seperti ini menjadi model pastori yang saling menopang pelayanan antar pendeta dan umatnya di dalam jemaat. Tidak ada keterpisahan satu dengan lain, bahkan ruang makan menjadi tempat temu semua orang sekaligus menjadi ruang konsultasi dan konsolidasi antar semua orang yang tinggal didalamnya.

Ia berharap, pastori jemaat ini dapat menjadi rumah doa, tempat bergumul, tempat bernaung, tempat perjumpaan sesama hamba Tuhan dan umatNya di Jemaat GPM Ilmarang ini. 

Sementara itu, Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, ST yang hadir menyaksikan peresmian pastori jemaat tersebut dalam sambutannya mengatakan, mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Barat Daya (MBD) pihaknya menyampaikan terima kasih bagi warga GPM dan semua Hamba Tuhan yang selalu ada, menjadi mitra dalam membina mental dan spiritual warganya yang juga adalah warga masyarakat Kabupaten MBD serta mendukung setiap program pembangunan di daerah ini.

"Pemkab MBD akan terus dan selalu bersama dengan gereja, berjalan bersama membangun daerah ini serta membentuk karakter warga masyarakat untuk menjadi lebih baik", jelasnya.

Ia menambahkan, pembangunan gedung pastori ini merupakan sebuah bangunan yang sangat representatif sekaligus menjadi tempat tinggal dan rumah doa hamba Tuhan di dalam jemaat ini.

"Semoga rumah ini menjadi tempat yang nyaman bagi setiap orang yang datang disini, secara khusus Pelayan Tuhan ini yang tinggal dan menempati pastori ini", imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Ia mengajak semua warga gereja dan masyarakat untuk saling bergandengan tangan bersatu padu membangun daerah ini menjadi yang lebih.

"Mari terus bergandengan tangan bangun MBD dengan setiap potensi yang telah diberikan Tuhan bagi kita semua. Karena dengan bersatu padu dan bergandengan tangan, MBD dapat maju dan sejahtera", harapnya. 

Untuk diketahui, hadir dalam Kebaktian Peresmian Pastori Jemaat GPM Ilmarang tersebut, Ketua MPH Sinode GPM, Pdt. Elifas T. Maspaitella, Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, ST, Wakil Bupati MBD, Agustinus L. Kilikily, M.Si, PJ. Sekretaris Daerah Kabupaten MBD, Drs. Daud Reimialy, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten MBD, Johzes Leunufna, SE, M.Si, Ketua TP. PKK Kabupaten MBD, Ny. Rely Noach, Ketua Bidang I TP. PKK Kabupaten MBD, Ny. Ellen Kilikily, S.Pd, Ketua Klasis GPM Pulau-Pulau Babar Timur, Pdt. Korneles Mose, S. Th, sejumlah pimpinan OPD Lingkup Pemda MBD dan rombongan lainnya.(CM)