Bersamaan Dalam Rapat Luar Biasa Senat, UNPATTI Ambon Gelar Wisuda Dan Peringati Dies Natalis Ke-61


CM, AMBON 

Dalam rapat terbuka luar biasa senat Universitas Pattimura Ambon menggelar wisuda sarjana, profesi, magister dan program studi di luar kampus utama kabupaten Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya periode April 2024, bersamaan dengan peringatan Dies Natalis ke-61.

Kegiatan ini berlangsung di Auditorium universitas Pattimura Ambon pada hari Selasa ,(23 /4/ 2024).

Rektor Universitas Pattimura Ambon Prof.Dr.Fredy Leiwakabessy,M.Pd dalam sambutannya mengatakan dalam momentum yang bersejarah ini sangat berbahagia karena pada wisuda periode 1, April 2024 sekaligus bertepatan dengan Dies Natalis ke-61 Universitas Pattimura hari ini.

"Kebahagiaan,sukacita dan syukur yang kita rasakan hari ini adalah wujud dari kerja keras semua pihak baik orang tua, dosen, mentor, pembimbing, ketua program studi ,ketua jurusan, para wakil dekan, para dekan,para pegawai,juga Pemerintah Daerah kabupaten Kepulauan Aru, Pemerintah Daerah, kabupaten Maluku Barat Daya,pemerintah provinsi Maluku dan stakeholder lainnya," ujar Leiwakabessy.

Sebanyak 1804 wisudawan dari berbagai program studi meraih gelar mereka yang terdiri dari 937 lulusan sarjana ,118 lulusan magister, 6 lulusan profesi dokter ,743 lulusan guru profesional yang di dalamnya terdapat 26 orang lulusan PSDKU Aru dan 34 orang  lulusan PSDKU MBD.

Seraya menambahkan untuk wisuda periode 1, April 2024 ini ada enam Mahasiswa lulusan terbaik program Pascasarjana dan sarjana  antara lain :

1.Valentina Latumahina,SE.,M.Si Prodi S2 Ilmu ekonomi,IPK 4.00
2.Zainab Salampessy,S.IP.,M.Si Prodi S2 Ilmu Ekonomi,IPK 4.00
3.Fitri.,S.Pd.,M.Pd prodi S2 pendidikan Bahasa Jerman. IPK 4.00
4.Nurhani Latuconsina.,SE.,M.Si  Prodi S2 Ilmu Ekonomi.IPK 4.00
5.More Siahaya.,S.PI,M.Si Prodi S2 Ilmu kelautan ,IPK 4.00
6.Gricel Naidelyn Soparto.,S.TP Fakultas Pertanian IPK 4.00

Rektor menekankan pentingnya menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu bersaing di dunia kerja baik di sektor publik maupun swasta hal ini sejalan dengan fokus Universitas Pattimura untuk mewujudkan prioritas Renstra Dikbudristek termasuk melalui program kampus merdeka dan indikator kerja utama.

Selain itu, prestasi Universitas Pattimura juga terlihat dari penghargaan yang diraih seperti silver Winner atas pelaksanaan program PPKM dan peningkatan akreditasi program studi melalui sinergi ,integritas dan karakter yang kuat Universitas Pattimura bertekad untuk terus berkembang menjadi  perguruan tinggi unggul yang dapat menghasilkan sumber daya manusia  berkualitas. 

"Harapan Kita semua agar para lulusan ini dapat menjadi sumber daya berkualitas dengan berbekal ilmu pengetahuan dan teknologi berupa hard skills serta keterampilan dan karakter berupa soft skills yang akan membawa mereka berhasil di dunia kerja baik pemerintah maupun swasta serta dapat menciptakan lapangan kerja baru bahkan dapat menjadi entrepredo enterpredo muda bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Leiwakabessy

Seraya menambahkan pada periode 3 Desember 2023 hingga 1 April 2024 Unpatti telah menghasilkan empat Guru besar dan 6 Orang Dosen mendapat gelar Doktor.

Perayaan ini juga menjadi momentum untuk melihat ke depan dengan visi Universitas Pattimura menjadi pemimpin di bidangnya terutama dalam menghasilkan produk penelitian unggul yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Dukungan dari seluruh civitas akademika diharapkan dapat mewujudkan visi ini dalam periode kepemimpinan 2023-2027.

Dengan pencapaian yang telah diraih dan komitmen untuk terus berkembang Universitas Pattimura siap menghadapi tantangan di masa depan dan terus memberikan kontribusi positif bagi pendidikan dan kemajuan bangsa.

Sementara itu gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Kasrul selang PLT asisten bidang perekonomian dan pembangunan sekda Maluku memberikan apresiasi yang tinggi kepada civitas akademika unpatti.

Sehubungan dengan momentum perayaan Dies Natalis ini  tidak hanya  menjadi acara rutin yang bersifat seremonial semata tetapi harus dimaknai dalam proses pengembangan pendidikan yang dimulai dari perencanaan pelaksanaan pemantauan dan pembiayaan atas hasil hasil yang telah dicapai.

Selain itu menurut Kasrul dengan tantangan perkembangan dunia yang sangat pesat saat ini diperlukan generasi muda yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Oleh karena itu perguruan tinggi seyogyanya merespon tuntutan perkembangan tersebut dengan melaksanakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan SDM generasi muda berkualitas berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Harapan kami untuk generasi masa kini terutama wisudawan unpatti Ambon untuk mampu tampil sebagai sumber daya manusia yang siap mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang kita miliki agar memiliki daya saing di tingkat lokal nasional bahkan di tingkat global," ujar kasrul.

Seraya menambahkan keberhasilan wisudawan hari ini tidak semata mata menjadi kebanggaan wisudawan orang tua dan keluarga saja tetapi menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Maluku pasalnya menurut selang keberhasilan para wisudawan menjadi modal investasi strategis yang harus dioptimalkan untuk meningkatkan pembangunan di daerah.

Menutup sambutannya kasrul Selang mengatasnamakan Pemda Maluku memberikan apresiasi yang tinggi kepada civitas unpatti yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam mendidik generasi muda Maluku. (CME)