14 Wisatawan Mancanegara Lintas Laut Nusiata


CM, Nusiata-MBD 

ISMAIL, Mualim satu Kapal ARENUI kepada media ini mengatakan saat ini kapalnya yang mengantar 14 Orang Wisatawan Mancanegara asal Canada melintas laut desa Nusiata dalam rangka melihat keindahan alam Indonesia juga biota laut yang berada di Indonesia.

Hal ini disampaikan Mualim Satu Kapal Arenui saat turun ke desa Nusiata untuk melaporkan keberadaan kehadiran wisatawan yang berada di kapalnya, Senin, 22/04/24

Di lokasi desa Nusiata, kecamatan Pulau Wetang kabupaten MBD.

Dikatakan, Sebelum tiba di desa Nusiata Kapal Arenui yang membawa Wisatawan berlayar keluar dari Sorong, Raja Empat, Kaimana dan sekarang kembali ke wilayah Barat melalui Ambon, Saumlaki, Banda dan Welora-Dawelor selanjutnya di Nusiata dan pos terakhir di Bali.
Menurutnya, ada 14 orang Wisatawan saat ini namun Kapasitas kapalnya bisa menampung 16 orang. Sementara lama perjalanan yang ditempuh mencapai 12 sampai 14 hari.

Selanjutnya, Ismail mengatakan kendala yang ditemui adalah cuaca. Kadang juga kendala dari Masyarakat setempat yang kadang belum paham namun sekarang sebagian besar sudah memahami. 

Sementara itu tujuan wisatawan berada di Indonesia untuk melihat biota laut yang tidak ada di Negara Indonesia serta keindahan bawah laut Indonesia. 

Setiap tamu punya visi yang  berbeda, kadang membawa serta tamu yang berprofesi dokter dan mereka memberi obat-obatan bagi masyarakat tempat mereka singgah.

Menanggapi harapan Masyarakat Nusiata agar jika ke depan Kapal Aruni membawa wisatawan ke Nusiata, harap menginformasikan dan sedapat mungkin wisatawan dapat mampir ke darat sehingga masyarakat dapat memperkenalkan budaya masyarakat setempat, Ismail merespon dengan baik serta menanggapi dan mengatakan akan sama-sama membantu hal tersebut. (CME)