SMA N 7 Ambon Bersama Ortu Kolaborasi Sukseskan US Berbasis Android


Ambon, CM

Untuk mensukseskan pelaksanaan ujian sekolah tahun ajaran 2023/2024, manajemen SMA Negeei 7 Ambon mengajak orang tua siswa lakukan kolaborasi.

Demikian antara lain penjelasan Kepala Sekolah, Wem Rumangun, S.Pd, M.Pd. kepada wartawan di ruangannya, Rabu, 6/3/2024.

"Pada waktu rapat bersama orang tua, dilanjutkan ibadah persiapan, pihak sekolah sudah memberikan kesempatan kepada orang tua, pada waktu ujian sekolah, orang tua berkolaborasi dengan sekolah,"ujar kepala SMA Negeri 7 Ambon.

Menurut Kepsek, Kolaborasi orang tua dengan sekolah dimana orang tua mempersiapkan paket internet plus Android bagi siswa.

Rumangun menjelaskan, Pelaksanaan Ujian dari hari pertama sampai hari ketiga yang diikuti 123 siswa berjalan dengan baik tidak ada kendala yang dihadapi siswa.

Dijelaskan, Ujian sekolah yang digelar selama beberapa hari ini di SMA Negeri 7 berbasis Android dilaksanakan sesuai juknis yang diturunkan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku.

Untuk mengantisipasi terjadi kecurangan pada saat pelaksanaan ujian, pihak panitia telah mengantisipasi terjadi kecurangan nantinya.

"Karena menggunakan Android, mereka punya peluang, mereka lebih lincah dari kita, jadi bisa saja mereka keluar, mereka Searching  kemudian kembali mengisi jawaban, itu sudah kita atur sedemikian rupa sehingga dia keluar pas masuk kembali tidak bisa,"ujar Rumangun

Terkait ruangan yang dipakai untuk pelaksanaan ujian sekolah, menurutnya, saat ini sebanyak 7 ruangan yang digunakan, dan sesuai standard masing-masing ruangan diisi 20 peserta ujian.

"Dengan demikian kita menyesuaikan, memang ada ruang yang tidak sampai 20 orang,"ujarnya.

Ditambahkan pula, kepada para peserta ujian, pihak sekolah selalu memberikan arahan yang dimulai dari Wali kelas, Guru BK, sampai kepala sekolah untuk memberikan penguatan bagi siswa.

Adapun pemantapan dan bimbingan-bimbingan khusus dari guru mata pelajaran yang diberikan kepada siswa dari jauh hari sebelumnya.

Dengan demikian dirinya optimis, dari hasil pembinaan selama tiga tahun, pastinya hasil yang diperoleh siswa adalah hasil yang baik.

Menjadi harapan pihak sekolah maupun orang tua, nantinya para siswa ini bisa lulus dengan hasil yang lebih baik.

"Kita berharap bukan saja hasil yang baik yang diperoleh siswa saja, tetapi siswanya memiliki perilaku yang baik, sopan, nantinya di masyarakat seperti apa, kita berharap banyak tetapi harus dukung dengan doa,"tutur Rumangun.

Dikesempatan itu, dirinya mengharapkan, nantinya sampai pada  tanggal 9, peserta ujian sekolah pada SMA negeri 7 Ambon bisa menyelesaikan ujian dengan kondisi kesehatan yang baik sehingga memperoleh nilai yang baik.(CM-Arie)