SMA N 3 Gelar Ujian Sekolah 2024 Berbasis Kertas

 

 


Ambon, CM 

Dengan berbasis kertas, 244 siswa peserta ujian SMA Negeri 3 Ambon mengikuti ujian sekolah tahun ajaran 2023/20244.

Menurut  Drs.M.J.Joi Sangadji, M.Pd, Kepala SMA Negeri 3 Ambon, kepada wartawan di sela--sela pelaksanaan Ujian hari ketiga, Rabu (6/3/2024), mode pelaksanaan ujian sekolah berbasis Kertas dikarenakan beberapa faktor.

Dijelaskan, 244 Peserta ujian ini, tersebar dalam 2 jurusan, 150 siswa pada program IPA dan 94 untuk siswa berada pada program IPS yang dibagi pada 13 ruang ujian.

Sementara terkait dengan pengawasan pada ujian sekolah saat ini menurut Sangadji dilakukan secara internal serta silang mata pelajaran.

Ia menjelaskan dari hasil pantauannya selama 3 hari Pelaksanaan Ujian sekolah di SMA 3 Ambon, 99 persen lancar dan dihadiri oleh seluruh siswa.

Pelaksanaan ujian selama tiga hari ini tidak ada kendala sama sekali, dan berjalan sesuai juknis yang telah diturunkan Dinas Pendidikan dan kebudayaan Maluku. 

Dirinya mengakui, kalau ada satu kendala namun dapat diatasi,, yaitu orang tua salah satu siswa yang meninggal pada hari pertama.

"Tapi dia hadir, setiap hari dia hadir, walau saya telah memberikan ijin tetapi dia tetap hadir untuk mengikuti ujian,"tutur Sangadji.

 Untuk itu pihak sekolah selalu memberikan motivasi bagi siswa tersebut agar tetap bisa hadir untuk mengikuti proses ujian tersebut.

Untuk itu, drinya berharap kepada para siswa agar selama mengikuti ujian sekolah tersebut, siswanya bisa mengerjakan dengan baik.

Selain itu para siswa bisa menjaga kesehatan selama pelaksanaan ujian penentuan kelulusan siswa untuk kee jenjang yang lebih tinggi.

Kepada para orang tua dirinya meminta untuk memperhatikan dimulai dari waktu belajar, sarapan pagi, sehingga saat menghadapi soal-soal tidak ada beban kepada anak.

Dirinya mengakui, sampai pada hari ketiga pelaksanaan ujian sekolah, tidak ada siswa yang terlambat walaupun siswa yang tinggal jauh dari sekolah.

"Anak-anak kita tinggalnya acak, ada yang sampai di Morrela, di Leihitu, kalau arah Laha ada Yanng sampai Hattu, Allang, jadi memang cukup jauh, sehingga kendala terlambat kadang-kadang satu dua menit kita maklumi,"ujarnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan ujian sekolah di SMA 3 Ambon terbagi menjadi dua bagian,  yaitu ujian. Praktek dan ujian tulis, untuk ujian praktek sudah digelar mulai tanggal 26-29 Februari 2024.

Sangadji menambahkan, dalam menghadapi ujian sekolah, sebelumnya pihak sekolah sudah mempersiapkan peserta didiknya dengan mengulang materi-materi kelas 10 dan 11.

Sebagai pimpinan sekolah, Sangadji mengakui kalau, dirinya berharap yang terbaik bagi anak-anak di SMA 3 Ambon.

"Dan ini juga mungkin harapan dari orang tua, bahwa anak-anaknya bisa mencapai hasil yang terbaik, dan pada akhirnya mereka bisa melanjutkan kariernya ke jenjang yang lebih tinggi lagi,"tuturnya. (CM-Arie)