Hasil Pemantauan Hilal Provinsi Maluku Catat Hilal Tak Terlihat

Ambon,CM

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Dr. H.M. Yamin, S.Ag, M.Pd.I mengatakan.

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dari hasil Pantauan, saat ini Hilal tidak terlihat.

Demikian penjelasan Kakanwil kepada wsrtawan Minggu (10/3/2024) di lokasi Pemantauan Hilal  di Hotel Tirta Kencana, Amahusu, Ambon.

"Pada saat ini Posisi kita berada pada titik  koordinat -3, 72 LS, dan 128,15 pada Bujur Timur,,"ujarnya sembari menambahkan, untuk itu , apabila dilihat dari waktu konjungsi,  atau proses bulan baru, maka posisi pada tanggal 10 Maret 2024, posisi bulan akan terjadi pada pukul 18.00 WIT.

Sedangkan untuk waktu terbenam matahari, menurut Yamin akan terjadi pada pukul 18.41.54 detik dan terbenam bulan yang terjadi pada 10 Maret 2024 pada pukul 18.43.24 detik.

"Jadi pada dasarnya kalau kita lihat daripada perbedaan waktu kemudian bulan itu akan terbenam pada waktu 18.43. Jadi ada selisih sekitar 2 menit dan 20 detik, dan itu merupakan waktu selisih yang diketahui,"urainya.

Dengan demikian menurut Kakanwil, Ketinggian Hilal saat ini 0076 derajat, sehingga umur bulan 41 menit, 36 detik.

Kakanwil menjelaskan dari pengamatan saat ini di Maluku, Hilal tidak terlihat dan akan  melaporkan hasil serta menunggu hasil dari keputusan sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama RI.

"Kalau berdasarkan data yang disampaikan ini, sudah tentu Hilal tidak terlihat, namun kita menunggu informasi yang disampaikan oleh hasil sidang Isbat ,"ujarnya.

Dikesempatan itu Kakanwil menghimbau kepada masyarakat Maluku agar dalam pelaksanaan Bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, tahun 2024 untuk bisa menjaga kesucian bulan suci  Ramadhan.

"Saya menghimbau kiranya mari kita sama-sama menjaga kesucian bulan Ramadhan ini, banyak bersilaturahim,menjaga hati dan perasaan bagi  saudara-saudara kita yang berpuasa, keharmonisan, kebersamaan  membuat Maluku menjadi Aman, Damai dan Tertib,"tuturnya.(CM-Arie)