3 Hari Pelaksanaan Ujian SMK Negeri 5 Ambon Berlangsung Sukses

 


Ambon,CM

Kepala SMK Negeri 5 Ambon, Elsina Aunalal, S.Sos., M.Pd, melalui Wakasek Kurikulum yang juga Ketua Panitia Ujian Sekolah SMK Negeri 5 Ambon tahun ajaran 2023/2024, Victor Romeon Titahena S,Pd kepada wartawan Rabu 6/3/2024 antara lain mengatakan, sesuai dengan petunjuk Teknis yang diturunkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Pelaksanaan Ujian sekolah yang dilaksanakan SMK Negeri 5 Ambon dari hari pertama sampai hari ketiga berjalan lancar dan sukses  tanpa ada kendala sama sekali.

Dikatakan, sesuai Juknis pelaksanaan ujian sekolah yang dimulai dari tanggal 4-8 Maret, maka pada 3 hari pertama pelaksanaan ujian  semuanya berjalan lancar dimana seluruh siswa masuk ke ruangan ujian tepat waktunya, demikian halnya para guru pengawas ujian.

"Karena mungkin kita agak berbeda dengan SMK lain dimana sini ada program kuliner, disitu ada praktek masak jadi kita harus selesai mengadakan ujian ini selesai bulan puasa, "ujarnya

Dijelaskan pula, untuk tahun ini peserta ujian di SMK negeri 5 Ambon sebanyak 72 siswa, bagi 5 program keahlian yang akan menempati 4 ruangan ujian.

"Sesuai data Dapodik kita 78, tetapi ada 6 siswa yang tidak aktif lagi, aturan sekarang kita tidak boleh mengeluarkan siswa tanpa dasar yang kuat karena mereka masih terdaftar sebagai peserta ujian,"ujarnya.

Selanjutnya ia menjelaskan jika mode pelaksanaan ujian tahun ini menggunakan mode kertas tulis, sedangkan untuk pelaksanaan Uji Kompetensi keahlian nantinya adalah praktek

Terkait penguji yang akan dilakukan pada UKK nantinya menurut Titahena sebagian besar penguji Eksternal dari Industri

Selaku Wakasek sekaligus Ketua Panitia ujian, ia berharap pelaksanaan ujian Sekolah yang sudah berjalan saat ini dengan baik, nantinya bisa selesai tanpa ada kendala, sehingga nantinya pelaksanaan UKK yang sudah direncanakan akan digelar 17 -20 April akan mendapat support dari orang tua sehingga sukses juga dalan pelaksanaannya.

Kepada wartawan Titahena mengatakan pihaknya akan mengundang pelayanan servis dari beberapa program keahlian, ketika dilaksanakan UKK nanti.

"Selain itu kami mengundang orang tua juga, dan beberapa Dinas terkait sebagai tamu  dalam UKK tersebut," sambungnya.

Selain itu menurutnya, kegiatan UKK tersebut mendapat dukungan mitra industri sehingga diharapkan SMK 5 bisa mendapat kontribusi positif pada kegiatan yang akan dilaksanakan kedepan

Pada kesempatan itu Titahena mengucapkan terima kasih kepada para mitra yang sudah menunjang kegiatan SMKN 5 Ambon.

"Kami mengucapkan terima kasih bahwa selama ini mereka  sangat menunjang kegiatan kami,"ujarnya.

Sementara itu di tempat yang sama, J Likumahuwa, Wakasek manajemen mutu SMK 5 Ambon kepada wartawan mengatakan pihaknya mengharapkan apa yang sudah dilakukan oleh anak-anak didiknya selama 3 tahun bisa menghasilkan yang terbaik bagi masa depan mereka.

Menurutnya, selama ini para guru sudah berupaya untuk membentuk anak-anak didiknya menjadi yang terbaik agar ke depan mereka mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang nantinya berguna bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat kelak.

"Jadi kami mengharapkan mereka nantinya menjadi orang yang berguna, karena SMK itu dia membekali siswa dengan ketrampilan  untuk siap kerja,"tutur Likumahuwa.(CM-Arie)