PB Pusaka Gelar Deklarasi Natal Pusaka-Haria Sedunia 2025

AMBON, CM

Dalam spirit, Sapa Angka Lewaka, Lewaka angkfa dia, Pengurus.Besar Persatuan Masyarakat Lewaka (Pusaka) Haria menggelar Deklarasi perayaan Natal Pusaka-Haria Sedunia tahun 2025

Pelaksanaan Deklarasi perayaan Natal Haria Sedunia 2025 tersebut, digelar Sabtu (16/12/2023) di Baileo Oikumene Ambon dihadiri  oleh Ketua dewan Pembina Pusaka, yang juga ketua Panitia Perayaan Natal Haria Sedunia 2025, Agus Ririmasse yang merupakan Sekertaris Kota Ambon.

Hadir pula Penjabat ketua Umum Pengurus Besar (PB) Pusaka Haria, Bapak OT Hattu, Kepala Pemerintah Negeri Haria Nicodemus Sahuleka, serta Camat Saparua dan masyarakat Haria.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Perayaan Natal Pusaka-Haria Sedunia tahun 2025, Agus Ririmasse yang juga Ketua Dewan Pembina Pusaka-Haria menjelaskan, Panitia Natal Pusaka Haria Sedunia telah terbentuk pada 25 Februari 2023.

Menurutnya waktu yang dimiliki Panitia Natal masih 2 tahun lagi dan masih bisa bekerja lebih giat lagi, dan tidak gampang dalam proses pelaksanaan perayaan Natal Sedunia ini, masih ada kendala-kendala yang dihadapi.

Tetapi atas penyertaan dari Tuhan ini semua bisa bersama-sama dilalui dengan dibuktikan dengan hadirnya kepala Pemerintah Negeri Haria beserta Saniri negeri sudah mendukung kegiatan Deklarasi hari ini,"ujar Ririmasse.

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat dan mempersatukan tali silaturahmi anak cucu negeri Haria yang berada di Kota Ambon, Provinsi Maluku, bahkan yang tersebar di seluruh dinia

Dan itu menjadi harapannya yang nantinya pada 29 Desember 2025, Negeri Haria akan dikunjungi oleh semua anak cucu Negeri Haria yang berada di seluruh dunia.

Ia menjelaskan, tantangan yang dihadapi saat ini cukuplah besar dengan biaya tidaklah sedikit, untuk itu Ririmasse mengajak seluruh masyarakat Negeri Haria baik di Kota Ambon maupun di Negeri Haria untuk mengikuti bisa menabung di rumah setiap hari.

"Kalau Katong samua anak cucu Haria di Kota Ambon bisa bikin itu saja, seng perlu Katong cari uang mengemis-ngemis ,"ujarnya.

Dengan demikian menurutnya, itu membuktikan masyarakat negeri Haria sudah bisa berdiri diatas kaki sendiri dan tidak perlu lagi meminta bantuan dari yang lainnya.

"Beta harap, hari ini lewat deklarasi mulai sudah , panitia berkoordinasi dengan pengurus Besar merancang program dan kegiatan untuk menyongsong Natal Haria Sedunia 2025,"tuturnya.

Sebelumnya, Beni Silano, Ketua Panitia Deklarasi dalam laporannya menjelaskan,  Panitia Natal Pusaka Haria Sedunia, dibentuk dengan surat keputusan Pengurus besar Pusaka dan telah dilantik pada 25 Februari 2023.

Menurutnya, panitia terbentuk berbagai masalah, namun atas dorongan yang kuat serta kerjasama yang baik, maka pada tanggal 16 Desember 2023,  pelaksanaan Deklarasi Natal Pusaka Haria Sedunia tahun 2025.

Untuk menyukseskan Natal Sedunia 2025,menurutnya diperlukan kerja keras dari semua komponen, Pemerintah, Gereja, dan seluruh masyarakat Haria di Negeri maupun yang berada di Kota Ambon  serta di tanah rantau lainnya.

Ia menambahkan, sejak panitia terbentuk, beberapa program yang telah dilaksanakan, yaitu kunjungan konsultasi dengan pemerintah negeri Haria,  ketua GPM Majelis Jemaat Haria, Pemantauan secara langsung kondisi negeri Haria.

Selain itu Panitia juga telah melakukan wawancara dengan tokoh-tokoh masyarakat negeri Haria, maupun masyarakat Haria yang ada di Ambon serta di tanah rantau  untuk mengetahui sejarah terjadinya negeri tersebut, Selain itu, panitia juga telah melakukan usaha dana sebagai kegiatan awal panitia, dengan berbagai usaha-usaha lainnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan Natal Pusaka Haria Sedunia 2025, di Negeri Haria,  merupakan momen panggil pulang anak negeri yang berada di seluruh dunia.

"Yang sesungguhnya merupakan tujuan kita untuk bangkit kembali merajut tali kasih hidup orang Basudara, potong di kuku rasa di daging ,"tuturnya.

Disamping itu menurutnya, pelaksanaan Natal sedunia tersebut , panitia juga akan membuat sesuatu untuk Negeri demi mewujudkan harapan di masa akan datang.

Untuk diketahui pelaksanaan Deklarasi Perayaan Natal Pusaka Haria Sedunia tahun 2025 ditandai dengan penandatanganan Deklarasi.

Pada pelaksanaan Deklarasi Perayaan Natal Pusaka Haria Sedunia Pdt S Hetharie Sth ketua majelis jemaat GPM Haria mengawalinya dengan ibadah pendek.(**)