Prof. Patis Rahabav Menambah Barisan Guru Besar FKIP Jadi 20 Orang. Prof. Wenno Target 2023 FKIP Usulkan 10 Guru Besar.

CM, AMBON

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unpatti. Prof. Dr. Izaak Wenno mengatakan, dengan adanya pengukuhan guru besar Prof. Dr. Patris Rahabav M.Si maka jumlah guru besar di lingkup FKIP Unpatti kini menjadi 20 orang.

Demikian antara lain penjelasan Prof. Wenno kepada wartawan di Kampus FKIP Unpatti Ambon usai pengukuhan 4 Guru Besar Unpatti pada Selasa, 7/8/2023.

Dikatakan, ini dosen yang dimiliki oleh FKIP unpatti Ambon kurang lebih 247 orang diantaranya 98 orang telah memiliki gelar doktor sedangkan Profesor sebanyak 20 orang.

Menurutnya, selaku dekan dirinya selalu mendorong agar mereka yang telah bergelar doktor segera berproses untuk menjadi Profesor atau guru besar dalam lingkungan FKIP Ambon.

" ini merupakan profesor yang ke-20 dari 98 yang telah bergelar doktor yang tersebar di 17 Prodi dari empat jurusan"Ujar Dekan sambil menambahkan pihaknya bersyukur bahwa dalam kepemimpinannya sudah tujuh orang yang berhasil mencapai gelar atau jabatan sebagai guru besar atau profesor dan 4 orang lainnya dalam tahun 2023 ini juga akan diusulkan untuk selanjutnya dikukuhkan sebagai guru besar atau Profesor di kampus FKIP Ambon.

" target tahun ini kita berharap kurang lebih 10 orang, ya' ini target saya sebagai pimpinan fakultas dan memang tercapai, di Tahun 2022 lalu  kita target 10 orang tetapi yang tercapai hanya 7 orang dan tahun ini juga saya targetkan 10 orang dan puji Tuhan sudah 4 orang yang sedang diproses untuk pengukuhannya"jelasnya sambil menambahkan pihaknya selalu mendorong supaya semua dosen yang bergelar doktor itu sudah diusulkan menjadi guru besar Karena itu adalah merupakan jabatan terakhir fungsional dari seorang dosen pada suatu perguruan tinggi.

Kepada wartawan Profesor Wenno mengatakan pihaknya berharap dosen-dosen yang muda-muda bukan saja mereka yang sudah senior tetapi dosen-dosen yang Junior yang sudah memiliki gelar S3 ini diharapkan agar mereka juga secepatnya menjadi guru besar dan tidak boleh kalah dengan dosen-dosen yang sudah senior karena di akui prof Wenno aturan makin hari makin ketat Karena untuk mencapai jabatan guru besar itu seorang dosen harus memiliki poin di atas 850 sehingga dirinya selalu mendorong supaya para dosen selain mengajar harus rajin melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Tri Dharma perguruan tinggi itu penting sekali. Memang akademik pertama kemudian penelitian dan pengabdian juga sangat dibutuhkan juga oleh seorang dosen yang bakal memperoleh gelar guru besar di mana untuk mendapatkan gelar guru besar haruslah ada pengabdian dan penelitian yang dibutuhkan lebih banyak seperti penelitian itu harus 40% dari totalitas nilai angka kredit yang diperoleh sehingga dosen-dosen itu terus dorong untuk bisa melakukan penelitian-penelitian, baik penelitian Mandiri atau yang dibayar oleh fakultas atau mungkin juga di luar fakultas bahkan bisa juga dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan riset teknologi"tutupnya.(ET)