Rektor IAIN Ambon Sabet Guru Besar Dalam Bidang Pemikiran Politik Islam

CM, AMBON

Dunia Pendidikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon boleh berbangga dengan tambahan satu lagi 

Guru Besar yang semakin memperkuat barisan guru besar di lembaga tersebut menyusul  SK Menteri Agama RI yang telah menetapkan Rektor IAIN Ambon sebagai Guru Besar atau Profesor dalam bidang Pemikiran Politik Islam pada tanggal 2 Januari 2023 bersama 29 profesor lainnya dari berbagai Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Agama di Indonesia.

Adapun capaian gelar tertinggi dalam dunia perguruan tinggi ini diperoleh Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, bersama 30 guru besar lainnya dari berbagai perguruan tinggi di bawah payung Kementerian Agama RI pada Selasa, 2 Januari 2023.

Selanjutnya, Keputusan Menteri Agama (KMA) RI terhadap 30 guru besar tersebut telah diserahkan secara langsung oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, pada puncak peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-77 tahun, yang  digelar di Lapangan Upacara Kementerian Agama Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4 Jakarta Pusat Lantai VII, Selasa, 3 Januari 2023.

Sebagaimana telah dilansir sebelumnya oleh salah satu media di Maluku disebutkan, Rektor IAIN Ambon bersama 29 penerima gelar guru besar tersebut, menerima surat elektronik langsung dari Plt. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag RI, Syafii, perihal Undangan Penyerahan KMA Guru Besar, Nomor : B-3/DJ.I/Dt.I.III/HM.01/01/2023 tertanggal 02 Januari 2023.

Adapun Isi surat memberitahukan bahwa Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, telah melakukan Penilaian Angka Kredit (PAK) Guru Besar Rumpun Ilmu Agama.

Ditemui di ruang kerjanya di Kampus IAIN Ambon, Kamis pekan lalu, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si mengatakan guru besar yang diraihnya itu di bidang Pemikiran Politik Islam. Hal ini didasari karena back ground S2nya pada Pertahanan Keamanan UGM dan bukan ahli agama.

"S2 saya itu di Pertahanan keamanan, saya di UGM, jadi saya ini bukan ahli Agama"ujarnya sebari menambahkan gelar S1nya di Filsafat, S2nya di Pertahanan keamanan dan S3-nya di Ilmu Politik Islam  sesuai dengan disiplin ilmu selama di UGM.

Kepada wartawan Prof. Rahawarin juga menjelaskan selain dirinya dalam 3 bulan ke depan ada lagi 4 orang dosen di IAIN Ambon yang bakal menerima lagi SK guru besarnya yang tentu saja kehadirannya semakin memperkuat barisan guru besar di lembaga yang sebentar lagi beralih status menjadi Universitas ini.(ET)