Rayakan Imlek Masysrakat Keturunan Tionghoa Diajak Jaga kedamaian Pela Gandong Di Bumi Raja-Raja

CM,  AMBON

Menyusul perayaan syukur Imlek warga keturunan Tionghoa tahun  2023 yang digelar di auditorium Unpatti Ambon, Minggu, 22/1/2023, Ketua Yayasan Simpati Ambon, Drs. Edison Patty mengatakan, dipilihnya tema" Bersama kita menjaga kedamaian Dan Bersatu kita pertahankan rasa persaudaraan"  bukan hanya sekedar slogan saja tetapi memiliki harapan untuk bisa dilakukan karena  kedamaian yang ada di bumi raja-raja  Maluku dapat dirasakan  karena kedamaian yang ada di bumi raja-raja Maluku dapat dirasakan karena niat dan upaya kita bersama dengan rasa persaudaraan.

"Apalagi di tahun-tahun politik menjelang pemilu  2024 karena perbedaan pilihan politik dapat menyebabkan rusaknya kedamaian yang telah terbangun serta menghancurkan persaudaraan yang menjadi budaya orang Maluku sejak dahulu kala, yaitu Pela gandong"ujarnya sambil menambahkan untuk itu lewat tema perayaan Imlek tahun ini, Patty mengajak segenap hadirin dan masyarakat keturunan Tionghoa di Maluku, khususnya di kota Ambon agar menjaga kedamaian di bumi raja-raja Maluku dengan rasa persaudaraan.

Selanjutnya di kesempatan itu ketua Yayasan juga menyampaikan berbagai kegiatan sosial yang dilakukan oleh Yayasan Simpati menjelang perayaan Imlek tahun 2023.

Disebutkan, menjelang Imlek 2023 pihaknya melaksanakan jalan santai yang melalui jalan-jalan protokol dalam kota Ambon, disamping Senam gembira, pemeriksaan kesehatan, konsultasi dokter dan donor darah bekerjasama dengan PMI yang berlangsung pada Sabtu, 14/1/2023 bertempat di Lapmer Ambon.

Di kesempatan tersebut, Patty juga menjelaskan sepintas tentang kegiatan sosial yang dilakukan oleh Yayasan Simpati Ambon.

Dikatakan, Yayasan Simpati Ambon adalah yayasan Sosial yang bergerak di bidang pelayanan duka bagi masyarakat Indonesia dari Keturunan Tionghoa.

Menurutnya Yayasan Simpati Ambon juga selalu terlibat bersama-sama dengan pemerintah dan masyarakat pada saat-saat terjadi bencana, seperti banjir, gempa bumi dll termasuk juga dalam masa pandemi Covid-19 yang sedang tinggi-tingginya pada tahun 2020 Yayasan Simpati Ambon dalam rangka untuk membantu meningkatkan daya imun tubuh pihaknya menggandeng pabrik susu dalam kemasan Indomilk dan bekerjasama dengan Korem 151/Binaiya  memberikan bantuan susu dalam kemasan merek Indomilk ke hampir seluruh desa yang ada di pulau Ambon, ke gereja-gereja, ke Mesjid, ke panti asuhan dan lain-lain.(ET)