Lulusan STPAK Santo Yahanes Penginjil Langsung Dikontrakan Uskup Amboina

CM, AMBON

Berita gembira bagi Lulusan Sekolah Tinggi Pendidikan Agama Katolik (STPAK) Santo Yohanes Penginjil Ambon lantaran sejak tahun 2023 para lulusan yang diwisuda langsung diangkat oleh Uskup Diosis Amboina Mgr. Seno Ngutra sebagai tenaga kontrak volontir selama paling kurang satu (1) tahun berkarya dan berpeluang untuk melanjutkannya kontrak tahun ke-2 bagi mereka yang masih mau memperpanjang kontraknya.

Penegasan ini disampaikan Uskup Diosis Amboina kepada wartawan di Ambon Senin 30 Januari 2023 Usai menghadiri wisudawan STPAK.

Kepada wartawan Uskup mengatakan mereka dalam kontrak cuman terikat satu tahun mereka akan menjadi katekis volunter berarti otomatis terikat dengan uskup dalam karya-karya pelayanan terutama dalam internal gereja.

Dikatakan setelah satu tahun Uskup akan memberikan kebebasan kepada para katekis tersebut untuk memperpanjang satu tahun berikutnya atau memilih untuk misalnya mengikuti tes sebagai PNS atau bekerja di tempat lain sesuai dengan keinginan para katekis tersebut.

"Jadi saya cuman ikat mereka satu tahun itu supaya pertama mereka merasakan bahwa mereka dibina di STPAK milik Keuskupan Amboina sehingga sebagai balas jasa mereka harus berbuat sesuatu kepada Keuskupan pada kesempatan pertama Setelah itu mereka bebas memilih ke mana saja"ujar Uskup.

Terkait penempatan para katekis lebih di tempat-tempat pinggiran Keuskupan atau daerah terpencil di wilayah Keuskupan amboina yang terdiri dari provinsi Maluku dan provinsi Maluku Utara hal tersebut pertama-tama untuk mewujudkan misi Uskup Diosis  Amboina yakni "Duc In Altum" ( bertolaklah ke tempat yang lebih dalam) tetapi di belakang itu menurut Uskup sebenarnya alasan kemanusiaan di mana Jika diperhatikan tentang pengetahuan dari masyarakat terutama umat Katolik di daerah perkotaan dan desa-desa di pinggiran kota jauh lebih baik dibandingkan mereka yang berada di daerah Pinggiran Bahkan mereka untuk memimpin doa saja tidak bisa Oleh sebab itu para katekis diharapkan kehadiran para katekis volunter ini pertama-tama hadir untuk berkatekis dan membina umat-umat se sehingga diharapkan dalam jangka waktu 5-10 tahun ke depan masyarakat setempat sudah bisa berdiri sendiri untuk memimpin ibadat dan sudah bisa melakukan karya-karya pelayanan lain di tempat mereka masing-masing.

Sementara itu sebagai langkah awal Uskup telah  menandatangani dan mengangkat 10 orang lulusan yang barusan di wisuda pada senin 30 Januari 2023 untuk selanjutnya ditempatkan di Aru Utara, Aru Selatan, , Bacan,  Taliabu dan di Jailo dimana masing-masing tempat ditempatkan 2 tenaga katekis.(ET)