KN Ular Laut-405 Terpilih Menjadi Kapal Negara Teladan Bakamla RI Tahun 2023

CM, AMBON

Tim Asesor Melaksanakan Visitasi Kapal Negara Teladan di Zona Bakamla Timur pada hari Rabu, 25/01/2023.

Tim Asesor Bakamla RI yang diwakili oleh Kolonel Bakamla Yudi Priyatno, S.E. selaku Kepala Subdirektorat Dukungan Latihan dan Mayor Bakamla Waskito Alim Hadi Prabowo, S.T., M.T. selaku Kepala Seksi Latihan Operasi Laut melaksanakan penilaian dalam rangka pemilihan Kapal Negara Teladan Bakamla RI. KN Ular Laut-405 terpilih untuk mewakili Zona Bakamla Timur sebagai kandidat Kapal Negara Teladan Bakamla RI 2023. 

Terdapat beberapa aspek yang menjadi dasar penilaian oleh tim asesor yaitu pengetahuan teoritis pengawak kapal yang diujikan melalui tes tertulis. Dilanjutkan dengan tahapan teknis yang diujikan melalui praktik peran di atas kapal. Praktik yang diujikan antara lain peran persiapan kapal berlayar, peran muka belakang, peran pemanduan, peran cuaca buruk, peran penyelamatan, peran kemudi darurat, peran naik turun jangkar, peran PEK (kebakaran dan kebocoran), peran peninggalan kapal serta peran pemeriksaan dan penggeledahan. 

Diharapkan dengan adanya pemilihan Kapal Negara Teladan dapat meningkatkan kemampuan personel KN Ular Laut-405 untuk dapat senantiasa menjaga keamanan dan keselamatan laut nusantara.(ET)