Hadapi UAS SMA Negeri 4 Ambon Mantapkan Para Guru Demi Efektivitas PBM

CM, AMBON

Kepala SMA Negeri 4 Ambon, Laurens Makatipu, S.Pd. M.

Pd mengatakan SMA Negeri 4 Ambon mengawali semester genap ini dengan rapat dewan guru untuk persiapan-persiapan awal yang memang harus dilakukan terkait dengan memasuki semester genap yang ditandai dengan adanya kenaikan kelas dan juga ujian akhir serta awal tahun anggaran.

Demikian antara lain penegasan kepala sekolah kepada wartawan di ruang kerjanya Kamis, 19 Januari 2023.

Dikatakan, di awal semester genap ini juga sekolah mengawali juga tahun anggaran di mana berkaitan dengan seluruh kegiatan. pihaknya juga melakukan perencanaan kegiatan Tahun Anggaran 2023.

Menurutnya dalam pertemuan awal itu pihaknya membereskan penataan dari sisi organisasi dan pembagian tugas di mana dilakukan penyesuaian penyesuaian di semester genap ini.

Disebutkan SMA Negeri 4 saat ini telah berjalan dengan dua kurikulum yakni kelas 11 dan kelas 12 menggunakan kurikulum K13 sementara kelas 10 menggunakan kurikulum merdeka atau implementasi kurikulum merdeka (IKM).

Khusus untuk kelas 12 Kepsek mengatakan mengingat Waktu mereka sudah sangat pendek maka persiapan untuk menyelesaikan kurikulum 13 sudah Segera dilaksanakan.

Hal ini disebabkan sesuai dengan kalender pendidikan maka di minggu ketiga bulan Maret mereka sudah harus selesai melaksanakan ujian akhir sekolah yang diawali dengan seminggu sebelumnya dilaksanakan ujian praktek bahkan seminggu sebelumnya mereka sudah harus menyelesaikan semester genap mereka.

"Semester genap itu di akhir Februari dan awal bulan Maret"ujarnya sembari menambahkan tanggal 6 sampai tanggal 10 Maret akan berlangsung ujian praktek kemudian tanggal 13 sampai tanggal 17 akan berlangsung ujian sekolah tertulis.

Melihat begitu katanya waktu maka menurut Kepsek Laurens  pihak sekolah melakukan pemantapan bagi para guru sehingga efektivitas pembelajaran di kelas 12 bisa berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu sekolahnya telah melaksanakan kegiatan belajar mengajar sejak tanggal 9 Januari 2023. Hal ini dimaksudkan untuk mengejar waktu bagi kelas 12 yang sudah semakin pendek.

Menurutnya sekolahnya tidak merencanakan untuk melakukan pemantapan secara khusus kepada siswa melainkan para guru lah yang diberikan penguatan dan pemantapan sehingga proses belajar mengajar di kelas oleh para guru lebih efektif.

"Disiapkan gurunya di mana langkah strategisnya adalah memantapkan gurunya supaya terjadi efektivitas pembelajaran itu"sebutnya.(LG)