Hadapi UAS SIstim Belajar Siswa Kelas 12 SMANSA Lebih Banyak Bedah Soal-Soal SKL

CM, AMBON

Kepala SMA Negeri 1 Ambon, Drs. A.R. Tahalele mengatakan, untuk tahun pelajaran 2022-2023, khusus kelas 12 sampai sekarang belum ada petunjuk soal ujian. Demikian antara lain penegasan Kepsek Tahalele kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat, 20/1/2023.

Dikatakan, apakah ujian itu masih terjadi seperti tahun sebelumnya ataukah ada perubahan belum ada keputusan tetapi secara internal, sekolahnya mempunyai kewajiban untuk mempersiapkan guru dan mempersiapkan siswa.

Menurutnya secara teknis mempersiapkan guru adalah guru-guru dikumpul kemudian diarahkan bagaimana mempersiapkan siswa menghadapi ujian. Selain itu menyatukan persepsi soal siswa yang akan mengikuti ujian itu. 

Sementara bagi siswa kegiatan pembelajaran secara rutin dilakukan tetapi ada juga kegiatan pemamtapan yang dilakukan oleh guru mata pelajaran (mapel) masing-masing. "Memang untuk SMA Negeri 1 sekarang ini ada sekolah 2 putaran. Satu untuk kelas 12 Itu putarannya pagi: ujarmya dan menambahkan putaran pagi untuk kelas 12 itu mulai tepat jam 7 pagi dimana sistimnya sudah beda dengan sistem belajar pada semester ganjil sebelumnya. Dimana sistem belajarnya pun lebih membahas materi-materi esensial yang pedomannya ada pada SKL kemudian bapa ibu guru membedahnya. Tahalele juga menambahkan dalam membedah materi SKL bukan saja materi pada kelas 12 akan tetapi juga materi pada kelas 11 dan kelas 10.

Kepada wartawan Tahalele menjelaskan persiapan bagi para guru untuk pembelajaran menghadapi UAS  bagi siswa kelas 12 dilakukan dalam bentuk workshop dimana workshop itu untuk mempersiapkan para guru sebelum masuk di kelas."Jadi workshop itu selain membuat administrasi tetapi kita buat kesepakatan tentang apa yang akan kita lakukan menghadapi ujian" jelasnya.

Dengan demikian yang disepakati oleh para guru dalam workshop adalah sistem pelajarannya lebih banyak untuk melatih soal-soal.(ET)