Taman Budaya Provinsi Maluku Akhiri Tahun Dengan Gelaran Konser Musik Siwalima Strings Orchesra Mumukau

CM. AMBON

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Sekdisdikbud) Provinsi Maluku, Husein, S.Pd. M.Pd mengatakan, , upaya besar memajukan kebudayaan nasional Indonesia sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan diperlukan langkah strategis guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaulat secara politik Berdikari secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

 langkah strategis tersebut harus dipandang sebagai investasi untuk membangun masa depan dan peradaban bangsa berlandaskan Pancasila dan undang-undang dasar 1945 NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Demikian antara lain penegasan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Maluku dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Maluku pada acara pembukaan konser musik akhir tahun pada Taman Budaya Ambon tanggal 22 Desember 2022.

Selanjutnya menurut kadis langkah-langkah strategis tersebut adalah berupa perlindungan, pengembangan pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan. Oleh karena itu menurut Kadis visi pemajuan kebudayaan nasional Indonesia adalah Indonesia bahagia berdasarkan keanekaragaman budaya yang mencerdaskan, mendamaikan dan mensejahterakan.

Dikatakan dalam upaya memajukan kebudayaan keberadaan institusi Pembina seni budaya sangat dibutuhkan dalam mendukung 4 domain besar dalam pemajuan kebudayaan yakni perlindungan pengembangan pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan.

Menurut kadis tugas dan fungsi institusi pembinaan itu bertumpu pada objek pemajuan kebudayaan serta pengembangan sumber daya manusia yang mengayomi.

Sejalan dengan itu, kata Kadis, telah pula ditetapkan manajemen talenta nasional sebagai salah satu Prioritas pembangunan sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 21 tahun 2021 tentang gugus tugas manajemen talenta nasional di mana Keppres ini dikeluarkan dengan pertimbangan bahwa dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang bertalenta dan berdaya saing secara global diperlukan tata kelola dan pembinaan talenta nasional secara komprehensif, berkelanjutan serta inovatif.

Menurutnya kebijakan dimaksud dilakukan melalui penyusunan serta pelaksanaan Grand desain manajemen talenta nasional Tahun 2022 sampai tahun 2045 dengan memperhatikan aspek sosial budaya kemajuan teknologi dan perkembangan ekonomi.

Sementara itu kepala Taman Budaya provinsi Maluku, Drs. Reny Sopaheluwakan, dalam laporannya menyebutkan kegiatan konser akhir tahun merupakan program kerja Dinas Pendidikan dan kebudayaan provinsi Maluku melalui Taman Budaya provinsi Maluku sebagai unit pelaksana teknis yang memiliki tugas dan fungsi melakukan pembinaan dan pengembangan kesenian sebagai unsur budaya di Provinsi Maluku.

Menurutnya kegiatan ini di rancang khusus untuk membina, mengembangkan dan meningkatkan potensi dan kreativitas seniman di Provinsi Maluku.

Disebutkan seni adalah sebuah dimensi ciptaan atau rasa manusia yang dituangkan dalam media tertentu untuk menyalurkannya atau mengimplementasikannya kepada orang lain, sedangkan seni musik adalah salah satu aliran seni yang menggunakan nada dan suara atau kombinasi hubungan temporal untuk menyampaikan ekspresi pesan atau nilai-nilai seni kepada orang lain dalam satu kesatuan dan kesinambungan.

Menurut kepala Taman Budaya, seni pada zaman sekarang ini telah menjadi sebuah kebutuhan hidup dengan berkembangnya sosial media di era digitalisasi tentunya seni juga mengikuti perkembangan di era kekinian.

Disebutkan hal tersebut penting untuk di perhatikan  oleh pelaku seni atau musisi agar mampu memanfaatkan media dengan baik sehingga bisa menarik perhatian publik.

Sementara itu konser musik akhir tahun yang digelar Taman Budaya provinsi Maluku dengan menampilkan kelompok musik siwalima strings orchestra pimpinan Erik K. Alfons S.S yang menampilkan karya musik  mengiring para penyanyi daerah Maluku di antaranya Nia Tupamahu. Jacklyn Pattiruhu, willy Sopacua, Rovie Tahya, Zeva Carisya Alfons dan 

Barantang Voice tampil memukau sehingga memberikan kesan tersendiri kepada sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Maluku Husein S.Pd M.Pd yang dalam sesi wawancaranya memberikan apresiasi kepada Taman Budaya provinsi Maluku serta pimpinan kelompok siwalima Strings orchestra atas gelaran dan tampilan yang disebutnya sebagai penampilan luar.(ET)