Taman Budaya Provinsi Maluku Gelar Musik Tradisional Persembahan Molllucca Bamboowind Orchestra Tahun 2022

CM, AMBON

Bertempat di gedung lia-lia Taman Budaya Provinsi Maluku, Senin, 21/11/2022 Taman Budaya Provinsi Maluku sukses menggelar festival musik tradisional dengan menampilkan sebuah karya terbaru dari Molllucca Bamboowind Orchetra pimpinan maestro Reince Alfons.

Lagu pertama yang memukau para penonton adalah lagu Pancasila ciptaan Frangky Sihalaitua didendangkan oleh Sera Evanjel Alvons yang sering dipanggil dengan sebutan Alifuru dari Tuni., seorang pelajar kelas 4 dari Negeri Tuni di mana lagu tersebut telah diaransemen oleh Igor Sopamena dan pada bagian interlud, mengekspresikan imajinasinya dalam puisi yang berjudul Indonesia.

Setelah itu, sebuah lagu yang mengisahkan hamparan laut nan biru, pasir putih menghiasi tepi pantai, nyiir melambai bagikan bidadari yang sedang menari, oh negeri manis, tanah datuk-datuk engkau akan kucinta selama hayat dikandung badan merupakan tembang kedua yang dilagukan dalam penampilan Orkestra pimpinan Reince Alfons. Dan seterusnya lagu demi lagu yang indah dan merdu disajikan oleh Molllucca Bamboowind Orhestra Tahun 2022.Bahkan sebuah lagu gabungan beberapa lagu daerah mulai dari Sumatera sampai ke Papua yang telah dirajut menjadi satu dalam judul icip-icip Nusantara yang merupakan sebuah baransemen yang dibuat secara medley oleh Imun Mulyadi menjadi penutup penampilan  Molllucca Bamboowind Orhestra Tahun 2022 yang mempesona.

Penampilan apik dan mengesankan oleh Molllucca Bamboowind Orhestra Tahun 2022 akhirnya mendapat sambutan luar biasa dari Directur Ambon Musik Office, Ronny Loppies yang akhirnya tidak hanya memberikan hadiah kepada para penyanyi dan pemain Molllucca Bamboowind Orhestra Tahun 2022 tetapi sekaligus juga mewakili perwakilan Unesco dalam pemberian hadiah tersebut.

"Saya akan memberikannya bukan cuman sebagai Direktur AMO tetapi sebagai Piple poin Ambon Unesco"ujar Loppies.

Tidak hanya itu pujian luar biasa datang juga dari Serius Zebua, Ketua tim Roodmed Taman Budaya dan Museum KemendikbudRistek yang jauh-jauh datang dari Jakarta mengatakan penampilan dari Molllucca Bamboowind Orhestra Tahun 2022 ini mengisahkan bahwa di Timur Indonesia Harmoni untuk negeri dan Nusantara.

Dan lebih hebat lagi Zebua langsung menanggapi permintaan tambahan dana Pembinaan dari sang Maestro Molllucca Bamboowind Orhestra Tahun 2022 serta kepala Taman Budaya sembari mengatakan jika sudah ada hasil, proses  tidak pernah mengkhianatinya.

"Tadi pak Alfons kemudian pak Reny mengatakan DAK (Dana Alokasi Khusus kalau boleh ditambahkan ke Taman Budaya. Saya cuman mau bilang satu hal, jika sudah ada hasil, proses tidak pernah mengkhianatinya"ujar Zebua.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Husein, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 20, Stanly Loupaty, Direktur AMO dan sejumlah pejabat lainnya.(ET)