Prakerin SMK Neger 7 Ambon Proses Siswa Kenal Iklim Kerja Dunia Usaha Dan Industri

CM, AMBON

Kepala SMK Negeri 7 Ambon, Amri Peluw mengatakan pada intinya Pratek Kerja Industi (Prakerin) yang merupakan salah satu mata pelajaran di sekolahnya memiliki tujuan agar siswa bisa mengenal iklim kerja yang ada di dunia Industri .

Demikian antara lain penegasan Peluw Kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin, 14/11/2022.

Dikatakan, khusus untuk siswa SMK diwajibkan untuk melaksanakan praktek kerja Industri (prakerin) dimana intinya siswa bisa mengenal iklim kerja yang ada di Industri.

Meskipun demikian menurut Peluw pihaknya menyadari sepenuhnya bahwa dalam pelaksanaan prakerin khusua sekolah Seni dan Budaya lokasi prakteknya juga sangat terbatas tapi dirinya bersyukur bahwa selama kegiatan prakerin berlangsung, jumlah siswa yang diterjunkan sebanyak 229 siswa yang tersebar di 48 Industri di seputar kota Ambon serta ada yang praktek di sekolah karena terkait keterbatasan industri.

"Alhamdulilah sampai akhir masa praktek ini siswa masih kembali secara utuh ke sekolah asal dan kegiatan PKL dapat berlangsung dengan baik"ujarnya..

Disebutkan untuk prakerin atau juga dikenal sebagai PKL di sekolahnya diikuti oleh siswa kelas XII pada semester 5 yang berlangsung selama 3 bulan di dunia usaha dan industri berbarengan dengan kegiatan prakerin.

Selanjutnya, menurut Kepsek terkait dengan seluruh penilaian apakah menyangkut atitute maupun keterampilan siswa diserahkan sepenuhnya kepada pihak Industri atau pun dunia usaha di mana siswa melakukan prakerin selama 3 bulan tersebut.

"Jadi memang siswa betul-betul terjun ke industri, dia merasakan apa yang dia kerjakan dan iklim kerja yang ada di industri harus dia ikuti hingga memang induatri yang memberi penilaian terhadap mereka" sebut Peluw sembari menambahkan pihak sekolah tinggal mengakomodir ke dalam nilai-nilai keterampilan yang ada di sekolah.

Selanjutnya menurut kepsek, terkait dengan terbatasnya tempat praktek bagi sekolah seni dan industri kreatif maka insyaallah pada tahun-tahun mendatang pihaknya bisa menjalin kerjasama dengan luar daerah Maluku maka akan dilakukan kerjasama sehingga para siswa bisa melaksanakan prakerinnya tidak saja di dalam kota Ambon akan tetapi bisa keluar daerah juga meskipun konsekuensi biayanya juga bertambah.

"Biasanya sekolah ini sudah melakukan kegiatan PKL ke wilayah Jawa, khususnya di Yogyakarta"pungkasnya.(ET)