Kadis Dikbud Buka Workshop Seni Media Taman Budaya Provinsi Maluku Tahun 2022

CM, AMBON

Pj.Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si. Senin, 28/11/2022 berkenan membuka dengan resmii pelaksanaan Workshop Seni Media tahun 2022 yang digelar oleh Taman Budaya Provinsi Maluku.

Dalam sambutannya Sangadji mengatakan memajukan kebudayaan nasional sebagaimana amanat UU No. 5 tahun 2017 diperlukan langkah stategis guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaulat secara publik,  berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Disebutkan langkahbstrategis Pemajuan Kebudayaan teraebut harus dipandang  sebagai investasi untuk membangun masa depan dan peradaban bangsa berlandaskan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Dimana langka-langkah strategis tersebut adalah berupa Perlindungan, Pengembangan, Pemanfaatan dan Pembinaan Kebudayaan.

Dalam upaya pemajuan kebudayaan, keberadaan institusi pembina seni budaya sangat di perlukan dalam mendukung empat Domain besar dalam pemajuanp kebudayaan yakni Perlindungan,pengembangan,pemanfaatan, dan pembinaan kebudayaan.

Tugas dan Fungsi Institusi pembina itu bertumpu pada obyek pemajuan kebudayaan (OPK), serta pengembangan SDM yang Mengayomi.

Menurutnya, Bagi prov. Maluku, bentangan geografis menjadi faktor dominan dalam penyusunan strategis yang berkaitan dengan pemajuan kebudayaan.Regulasi di daerah belum sepenuhnya berpihak pada soal pembangunan kebudayaan berkelanjutan, kalau ada itu hanya bersifat temporer dan Kasuistis.

Oleh karena diperlukan suatu kesatuan cara pandang dengan pendekatan PENTAHELIKS (multipihak) agar dapat tercipta suatu sinergitas yang baik dalam pemajuan kebudayaan di daerah kita.

Selanjutnya menurut Kadis, sejalan dengan itu, telah pula dirumuskan Grand Desain Manajemen Talenta Nasional atau yang disingkat MTN, sesuai keputusan Presiden Nomor 21 tahun 2021 tentang Gugus Tugas Manajemen Talenta Nasional. dimana salah satu Prioritas utamanya adalah pada bidang seni budaya pentahapan Grand Desain MTN pada tahun 2022-2024 merupakan tahap transformasi antara lain memperkuat Infrastruktur pendukung ekositem MTN yang mencakup: basis terpadu, kerangka regulasi, pemerataan kebutuhan dan ketersedian talenta serta inisiasi kebijakan.

Sementara, dalam laporannya Kepala Taman Budaya Provinsi Maluku, Drs. Reny Sopaheluwakan menyampaikan, tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan Workshop seni media ini adalah: Pertama. Menambah Wawasan, Pengetahuan dan Cara pandang Tentang seni media Dan Perkembangannya. Dua. Memberikan Informasi dan Pengetahuan Kepada para Pelaku Seni media di Maluku. Tiga. Meningkatkan Keahlian dan Kompetensi  Pelaku seni budaya  Khususnya seni  Media di daerah Serta, Empat. Meningkatkan Peran institusi  Pembina seni  Budaya dalam  Pemajuan  Kebudayaan di  Daerah.(ET)