Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku Gelar Sosialisasi Budaya Baca Dan Literasi Tahun 2022

CM, AMBON

Salah satu faktor keberhasilan suatu pembangunan, baik pembangunan fisik maupun non fisik adalah kualitas Sumber Daya Manusia, karena kualitas sumberdaya manusia merupakan obyek dan subyek dalam suatu proses pembangunan. Dewasa ini upaya upaya pembinaan terhadap kualitas sumber daya manusia telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun oleh pihak pemangku kepentingan, salah satunya melalui Pendidikan. 

Demikian antara lain penegasan Bunda Literasi Provinsi Maluku Ny. Widya Pratiwi Murad pada acara kegiatan sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada satuan pendidikan Tingkat Menengah Kabupaten Maluku Tengah tahun 2022.

Dikatakan, hal yang sangat mendasar dalam penyelenggaraan pendidikan mulai dari pendidikan informal, nonformal dan formal adalah kemampuan membaca, menulis dan berhitung (reading, writing, arithmatick) atau lebih dikenal dengan calistung. Pada tataran teknisnya dalam penerapan calistung tersebut adalah kemampuan membaca. 

Kemampuan membaca bukanlah kemampuan bawaan sejak lahir, melainkan merupakan suatu keterampilan yang harus dipupuk dan dibina serta dikembangkan mulai dari pembinaan minat, kegemaran, kebiasaan, sehingga membaca merupakan suatu kebudayaan yang dapat menciptakan masyarakat pembelajar (learning society) dan Akhirnya dapat meningkatkan Nilai Tingkat Kegemaran membaca kita dan mencapai target nasional pada tahun 2023 yaitu 63,3. 

Menurutnya, Ada 2 (dua) hal penting yang perlu menjadi perhatian kita bersama dalam Nilai tingkat kegemaran membaca yaitu sejauh mana minat baca kita dan juga ketersediaan buku atau sumber informasi lainnya. Dengan demikian yang 

menjadi arah gerak kita kedepan untuk mencapai target Nilai Tingkat Kegemaran 

tersebut adalah menumbuhkembangkan minat baca masyarakat yang 

dimulai dari keluarga, sekolah, komunitas maupun dalam 

lingkungan sosial kemasyarakatan. Perpustakaan adalah 

menjadi sangat penting Karena sekarang ini adalah 

Perpustakaan yang memiliki peranan dalam upaya 

meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan 

kesejahteraan rakyat, melalui penguatan budaya literasi 

guna mewujudkan masyarakat berpengetahuan, inovatif, 

kreatif, dan berkarakter, sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020 – 2024.

Sementara itu kegiatan serupa yakni sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada satuan pendidikan Tingkat Menengah juga digelar di kantor Dinas Perpustakaan dan Arsiparis Provinsi Maluku pada tanggal 10 November 2022.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula lantai 3 mulai jam 9 pagi hingga  pkl. 12.WIT.

Menariknya di kesempatan itu hadirlah ibu Tito Karnavian sebagai ketua umum tim penggerak PKK Pusat dan ibu  Widya Pratiwi Murad  selaku bunda literasi provinsi Maluku.

selain itu kegiatan serupa dilaksanakan di Kabupaten Maluku tenggara, Kota Ambon, ada pula kegiatan yang sama di sejumlah kabupaten kota lainnya di Maluku.

Menariknya lagi karena kegiatan sosialisasi ini lebih semarak lagi manakala rumah singgah anak jalanan turut mengambil bagian di dalamnya.(ET)