Paroki HKY Rayakan Hut Paroki dan Pesta Perak Pastor Parokinya

CM, AMBON

Paroki Hati Kudus Batu Gantung Ambon, Keuskupan Amboina pada hari Minggu, 11/9/2022 bersukacita karena merayakan 2 momentum bahagia sekaligus.

Dua Perayaan sukacita itu adalah HUT paroki yang ke-24 dan pesta Perak Hidup membiara pastor paroki RP. Amandus Jemy Balubun MSC, dari tarekat Misionaris Hati Kudus yang dikenal dengan MSC

Adapun kedua perayaan syukur itu dirangkai dalam sebuah upacara Perayaan Ekaristi di gereja Paroki HKY yang dihadiri oleh seluruh umat paroki serta sejumlah pastor di kota Ambon serta undangan lainnya.

Sebelum sampai pada puncak perayaan, umat paroki melaksanakan serangkaian kegiatan dalam bentuk lomba-lomba yang pada intinya bermaksud untuk menggiatkan umat paroki untuk memeriahkan HUTnya yang ke-24 sekaligus merayakan 25 tahun hidup membiara pastor parokinya.

Di kesempatan misa syukur kedua momen tersebut dimana perayaan Ekaristi (misa) dipimpin secara konselebrasi dimana sang Yubilaris selaku konselebrasi utama didampingi oleh sejumlah rekan pastor lainnya, termasuk pemimpin para pastor MSC di Keuskupan Amboina (Superior MSC Daerah Maluku) Sementara itu tampil untuk menyampaikan homili atau khotbah pada momentum itu, pastor Inno Renwarin yang juga mantan Pimpinan MSC Indonesia yang berkedudukan di Jakarta (Provinsial MSC Indonesia).

Adapun pastor Inno, sapaan akrabnya dalam homili selain mengucapkan selamat atas HUT paroki HKY juga menyampaikan selamat kepada Yubilaris seraya sedikit memberikan evaluasi terhadap kehidupan umat paroki yang terkadang jatuh bangun dalam kehidupan beriman dan menggereja sembari mengajak umat agar tidak bermental NAPAS (Natal dan Paskah) tertapi lebih dari itu umat harus lebih mengusahakan kualitas kehidupan beriman di paroki.

Demikian halnya bagi Pastor dan Dewan Pastoral Paroki agar dalam pelayanan tidak menitikberatkan pada institusi atau kelembagaan melainkan umatlah yang harus diberdayakan dari sisi iman, ekonominya dengan mendasarkan pada bacaan Injil tentang perumpaan Anak yang hilang.

Sementara itu dalam sambutan pada acara sermonial sesudah perayaan Ekaristi, pastor Superior MSC Daerah (SUPDA) Maluku,

Pastor Joseph Rettob, MSC sembari mengisahkan awal mulanya karya pastor MSC di Maluku yang kala itu diawali dengan kehadiran misionaris pertama di Maluku yakni pastor Mathias Neyens MSC di Maluku sampai dengan peristiwa berdarah dengan gugurnya Uskup Aers dan imam-imam MSC di Langgur atas kekejaman Tentara Jepang.

Supda juga menuturkan bagaimana sulitnya misi Gereja Katolik saat itu untuk masuk dan menebarkan benih kerajaan Allah di Pulau Ambon saat itu. Namun menurutnya atas tuntunan kasih Allah maka Gereja Katolik pun hadir di Ambon yang menjadi pusat Provinsi Maluku.

Selanjutnya pastor Oce (panggilan Akrab Supda MSC) mengucapkan selamat atas perayaan 24 tahun gereja HKY.

"Hari ini kita semua dalam suasana kegembiraan kita semua merayakan 24 tahun gereja Hati Kudus Yesus. SELAMAT" ujarnya seraya menambahkan Gereja selalu mendorong siapapun baik yang hadir di dalam gereja maupun yang tidak hadir untuk datang dan membangun Gereja untuk mewartakan kasih dan cinta Allah kepada manusia. 

Mengakhiri sambutannya pastor Oce juga mengucapkan selamat 25 tahun hidup membiara kepada pastor Jemy Balubun MSC selaku pastor paroki.

Perayaan syukur kedua momentum sukacita itu akhirnya ditutup dengan santap malam bersama sambil menikmati beberapa atraksi hiburan dari umat paroki.(ET)