Berbagai Tari-Tarian Adat Sambut Uskup Seno Ngutra dan Rombongan Pimpinan Agama di Tanah Pamahanusa

CM, AMBON

Dalam rangka Kunjungan Kanonik pertama paskah Pentahbisannya menjadi Uskup Diosis Amboina bulan April 2022 lalu, Uskup Seno Ngutra bersama rombongan tiba di paroki Yohanes Penginjil Masohi tanah Pamahanusa, Jumat, 2/9/2022 yang disambut dengan meriah oleh masyarakat yang bukan saja umat katolik tetapi oleh seluruh komponen masyarakat Masohi baik katolik, protestan maupun umat muslim di kota Masohi.

Bermula dari penyambutan Uskup dan rombongan yang terdiri dari Uskup Amboina, Ketua MUI Provinsi Maluku, Sekretaris  Parisada Hindu  Provinsi Maluku, ketua Klasis GPM Masohi yang mewakili Ketua Sinode GPM Provinsi Maluku serta Wakil Bupati Maluku Tengah yang diawali dengan tarian Penjemputan  di depan gereja Katolik Stasi Makariki, disusul pengalungan bunga kepada Bapak Uskup, Ketua MUI Maluku, Ketua Klasis dan Sekertaris Persada Hindu Budha Maluku. 

Selanjutnya rombongan disambut dengan tarian adat Tanimbar di Stasi Koryano kemudian rombongan Uskup bergerak memasuki kota Masohi yang diantar dengan iring-iringan musik totobuang sampai di depan kantor Bank BRI Masohi

Saat mendekat ke pusat paroki Bapa Uskup kemudian ditandu oleh beberapa prajurit TNI asal stasi Koryano sampai di depan Bank Danamon Masohi.

Selanjutnya, rombongan Bapa Uskup disambut dengan tarian sawat yang berciri khas tarian Kei dengan musik rebana dan suling oleh Ikatan Pemuda Kei (IPK).

Dan disusul oleh ucapan selamat datang di tanah Pamahanusa oleh seorang tua adat Maluku Tengah kemudian disambut oleh kelompok terompet yang mengantar rombongan Bapa Uskup memasuki perantara gereja ST Yohanes Penginjil Masohi.


Sementara itu pastor Paroki  Yohanes Penginjil Masohi. RP. Pius Lawe, SVD selalu tuan rumah dalam ucapan selamat datang kepada rombongan antara lain mengatakan, hari pertama kunjungan Bapa Uskup ini meripakan sebuah berkat yang luar biasa yang diterima oleh umat dan masyarakat Masohi. "Ini luar biasa bahwa kita semua diberkati Tuhan ada bersama monsigneur, Uskup Amboina yang baru di paroki Yohanes Penginjil Masohi dengan warna keragaman yang luar biasa dan didukung oleh cuaca yang luar biasa"ujarnya sambil mengajak umat untuk memberikam aplaus atas berkat yang luar biasa yang berkenan dengan kunjungan Bapa Uskup.

Dikatakan mewakili para pastor dan umat paroki serta masyarakat Masohi yang hadir secara spontan serta beragam, katolik, Muslim dan Protestan mengucapkan selamat datang bagi Bapa Uskup Amboina dan rombongan dari Ambon. Semoga hari-hari kunjungan Bapa Uskup dan rombongan para pemimpin agama dari pusat provinsi Maluku ini membawa berkat bagi masyarakat dan umat di tanah Pamahanusa. "Selamat datang, selamat ada bersama-sama kami hari ini. Terima kasih sudah buang langkah untuk mengunjungi kami di saat perdanamu sebagai Uskup Amboina"ujarnya.

Tak lupa di kesempatan itu pastor Pius mengucapkan terima kasih kepada semu pimpinan agama yang sudah berkenan menemani Uskup Amboina kemanapun Uskup pergi. "Ungkapan terimakasih yang mendalam untuk penyertaan, persaudaraan kasih yang senantiada membuat kami merasa diteguhkan, terlebih ketika perbedaan-perbedaan di muka bumi ini dipersoalkan luar biasa", ungkapnya.

Akhirnya sebelum beristirahat untuk santap malam, bapa Uskup berkenan memberikan berkat perdana bagi segenap hadirin yang diawali dengan doa. 

Menariknya sebelum memberikan berkatnya Bapa Uskup sempat mendoakan umat di daerah ini dan terutama juga mendoakan pemerintah Kabupaten Maluku Tengah serta para pemimpin umat di daerah Pamahanusa tercinta.(TB)