Melalui 3 Jalur Seleksi, 2027 Calon Mahasiswa Lolos Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri Se-Indonesia

CM, AMBONKetua Panitia Nasional Seleksi masuk Perguruan Tinggi keagamaan Negeri Indonesia, tahun akademik 2021/2022,  Dr. Yance Z. Rumahuru, MA mengatakan tugas selaku panitia seleksi masuk perguruan tinggi keagamaan negeri secara nasional telah dilaksanakan dengan baik yakni melalsanakan 4 tahap seleksi.

Demikian antara lain penjelasan Rumahuru kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat, 9/07/2021.

Dikatakan, dari 4 tahapan seleksi yang dilakukan menghasilkan masing-masing: Tahap pertama berupa penerimaan melalui jalur undangan yang berlangsung pada 12 Februari s.d 15 Maret 2021; dilanjutkan dengan jalur portofolio yang berlangsung dari tanggal 17 Maret hingga 16 April: Berikutnya untuk jalur ujian tertulis Online dari 18 April s.d 20 Mei 2021 ketiga jalur ini telah selesai dan hasilnyapun telah ada. Sementara yang sedang jalan adalah jalur khusus program Kita Cinta Papua (KCP) yang untuk tahun 2021 disebut program Papua Bangga proses pendaftarannya berlangsung dari tanggal 10 juni s.d 8 Juli dan akan dilakukan tesnya pada tanggaln12 Juli s.d 16 Juli dilakukan seleksi berkas dan akan dilanjutkan dengan tes yang berlangsung dari tanggal 16 s.d 18 Juli 2021.

Dengan demikian manurut Rumahuru 4 tahapan seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi Negeri Agama Kristen di Indonesia telah selesai dilaksanakan dengan baik.

Disebutkan dari empat tahapan tersebut untuk jalur Undangan secara nasional yang mendaftar sebanyak 195 orang dan yang lolos seleksi sebanyak 150 orang. Kemudian untuk jalur Portofolio yang mendaftar sebanyak 1256 orang dan yang lolos 801 orang. Sedangkan untuk jalur tes online yang mendaftar sebanyak 2024 orang dan yang lolo sebanyak 1076 orang.

Kepada wartawan Rumahuru menjelaskan untuk seleksi tahun 2021 pihaknya menetapkan standar kelulusan yang tinggi dengan proses seleksi yang ketat untuk meningkatkan input masuk ke perguruan tinggi Agama Kristen Negeri se-Indonesia.

Oleh sebab dapat dilihat bahwasanya calon peserta mahasiswa baru yang mendaftar cukup banyak akan tetapi setelah dilakukan seleksi maka hampir separuh saja yang lolos dan diterima

Oleh sebab itu menurut Ketua Panitia Nasional, saat ini yang sedang melakukan pendaftaran ulang dari 3 jalur seleksi minus program Kami Cinta Papua adalah sebanyak 2027 orang.(LG)