Camat Salahutu Resmikan 14 Anggota Saniri Negeri Waai

CM, AMBONSebanyak 14 orang Saniri Negeri, Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Periode 2021 – 2027, Selasa 6 Juli 2021 dilantik oleh 

Aman Upu (Tuan Negeri) Nikson Tualauru atau pemangku adat setara Sultan di negeri tersebut disusul pengresmiannya dan pengambilan sumpah  oleh Camat Salahutu, Manap Ohorelle, SIP. M.Ap.di gedung Baeleo Patasiwa Negeri Waai. 

Adapun  proses pelantikan yang dilakukan di Baileo Negeri Waai itu diawali dengan prosesi pelantikan secara adat kepada ke-15 anggota Saniri yang diwakili oleh 14 orang perwakilan 3 Soa yang ada di Negeri Waai masing-masing Soa Risama, Soa Patihuru dan Soa Rumalai.

Sebelum memulai  kegiatan, selaku orang percaya Ketua Majelis Jemaat GPM Waai, Pdt.Ny. D.Siwabessy membukanya dengan doa. Prosesi pelantikan ditandai dengan bunyi Tahuri sebanyak 7 kali dilanjutkan dengan  tabuhan Tifa Besar, setelah itu Aman Upu, Kapitan, mengucapkan Sumpah adat dan Salawir.

Selanjutnya, setelah sumpah dan Salawir dilakukan, Marinyo Negeri Menabuh Tifa Negeri dilanjutkan dengan Doa Adat oleh Mongarementar. Usai Doa Adat, Badan Saniri Baru dipersilahkan duduk diikuti oleh Badan Adat dan dilanjutkan dengan Nyanyian Adat Pengukuhan sampai selesai dan ditutup kembali dengan Doa oleh Pendeta.

Usai Pelantikan secara Adat, dilanjutkan dengan acara administrasi pemerintahan yang ditandai dengan pembacaan SK  Bupati Maluku Tengah disusul peresmian dan pengambilan sumpah yang dilakukan oleh Camat Salahutu disusul penandatangan dokumen  peresmian Saniri terlantik oleh ke-14 saniri dan Camat Salahutu disaksikan oleh Ketua Majelis Jemaat Negeri Waai dan Pemangku Adat Waai.

Adapun prosesi peresmian dan pengambilan sumpah Saniri Negeri ini dihadiri langsung oleh Camat Salahutu, Manap Ohorella, dan dihadiri pula oleh unsur Muspika baik Danramil maupun dari Polsek Salahutu.

Pelantikan Saniri Negeri Waai secara Pemerintahan sesuai SK Bupati Maluku Tengah nomor; 147/333 Tahun 2021 tentang Peresmian Saniri Negeri Waai Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Camat Salahutu, Manap Ohorella dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas nama Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah kepada pada anggota dan badan Saniri periode sebelumnya yang selama ini sudah boleh mengabdikan diri dalam mengemban tugas-tugas selama ini.

Dirinya berpesan kepada Badan Saniri yang baru periode 2021 – 2027 agar dapat menjalankan fungsi dan tugas sesuai dengan topoksi dan kewenangannya. 

“Saya harap badan Saniri negeri yang baru ini dapat mengemban tugas dan tanggungjawab secara baik sesuai topoksi dan kewenangan bersama dengan Pemerintah Negeri Waai. Ingat jangan menganggap Pemerintah Negeri sebagai kawan juga sebagai lawan.

Saniri Negeri adalah mitra kerja Pemerintah Negeri untuk sama-sama mengawal pemerintahan dan pembangunan negeri kedepan. Jangan sampai salah menggunakan kewenangan sehingga dapat menimbulkan konflik yang bisa merugikan masyarakat,” ungkap Ohorella.

Pada kesempatan itu juga, Camat mengingatkan Pemerintah Negeri maupun Saniri Negeri Waai beserta seluruh masyarakat terkait perkembangan Covid-19 yang saat ini sudah semakin meningkat. Untuk itu, dirinya mengimbau Pemerintah negeri agar dapat mengajak seluruh masyarakat negeri Waai taat terhadap protokol kesehatan juga dalam mengikuti program vaksinasi Covid 19.

Sementara itu, di tempat terpisah, salah satu tokoh anak negeri Waai, Stella Reawaruw kepada media menyampaikan, dengan adanya pelantikan Saniri Negeri Waai yang baru diharapkan agar para Saniri Negeri dapat berdiri tegak di atas tugas dan fungsi untuk mengontrol pemerintahan negeri dengan baik. 

Karena selama ini pemerintahan tidak berjalan dengan baik sehingga menimbulkan berbagai hal yang merugikan masyarakat. Untuk itu, sebagai perwakilan dari tiga Soa diharapkan Saniri Negeri Waai yang baru ini dapat menjalankan tugas dengan baik, jangan memihak kiri dan kanan tetapi berdiri sesuai tugas dan fungsi Saniri Negeri yang semestinya.(LG)