Kapolres SBB Kukuhkan dan Lantik Sejumlah Pejabat Baru

Kapolres SBB AKBP Bayu T Butar Butar sedang menandatangani berita acara sertijab

CM, PIRU - Kapolres Seram Bagian Barat (SBB) AKBP Bayu T Butar Butar mengukuhkan serta melantik sejumlah pejabat baru dalam lingkup Polres SBB.

Upacara serah terima jabatan (Sertijab) digelar Jumat (21/5/2021) di aula Mapolres SBB, Kota Piru, Kabupaten SBB. Para pejabat baru dilantik, diambil sumpah jabatan serta menandatangani berita acara sertijab.

Hadir dalam upacara ini Wakapolres SBB Kompol James Sumbung, Kabag Ops Polres SBB Kompol M Musaat, serta sejumlah personil Polres SBB dan perwakilan ibu ibu Bhayangkari.

Dasar pelaksanaan sertijab ini adalah Surat Telegram Rahasia (STR) Kapolda Maluku nomor STR/143/V/KEP/2021 dan STR/144/V/KEP/2021 yang diterbitkan pada Kamis, 6 Mei 2021.

Kapolres SBB AKBP Bayu T Butar Butar katakan rotasi personil merupakan sesuatu hal yang biasa dalam tubuh organisasi Polri.

"Rotasi merupakan sebuah kegiatan bagi personil kami yang telah melaksanakan tugas dengan baik sehingga mendapat promosi jabatan," ujar Bayu.

Ia berharap kepada para pejabat baru agar amanah serta tetap semangat dalam pelaksanaan tugas.

"Harapan saya, mereka tetap semangat dalam melaksanakan tugasnya, karena ini merupakan promosi yang mereka dapatkan dan jabatan itu amanah sehingga kami harapkan mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab," tandasnya.

Dalam proses mutasi kali ini, Bayu jelaskan ada beberapa jabatan baru dan ada jabatan yang mengalami nama atau sebutan sesuai peraturan baru.

Ia contohkan jabatan baru yaitu Bagian Logistik (Bag Log). Awalnya jabatan ini namanya Sub Bagian Sarana Prasarana (Subbag Sarpras) di bawah Bagian Sumda.

"Dulunya Log ini namanya Kasubbag Sarpras dibawah Bag Sumda, namun dengan peraturan baru ini berdiri sendiri namanya Bag Log," terangnya.

Ada juga jabatan yang mengalami perubahan nama atau sebutan seperti yang dulu disebut Kasat Sabhara menjadi Kasat Samapta.

Sesuai dua STR Kapolda nomor 143 dan 144 tersebut, pejabat Polres SBB yang dikukuhkan dan dilantik antara lain AKP Missionary M Nanuru, jabatan lama PS Kabag Sumda Polres SBB dikukuhkan sebagai PS Kabag SDM Polres SBB. Kemudian Penda Victor Noiya dari Paur Kes Bag Sumda Polres SBB menjadi Kasubbag Wat Pers Bag Sumda Polres SBB.

AKP La Ode Amiludin dari Kasubbag Humas Polres SBB mendapat jabatan baru sebagai PS. Kabag Log Polres SBB. AKP Hafifi Yahelissa Kasat Sabhara dikukuhkan jadi Kasat Samapta. Ipda Franki R Laisina dari PS. Kasat Pol Air ke Kasat Tahti. Iptu Jacob Nuniary dari Kasat Tahti ke Kasat Pol Airud.

Selanjutnya, Iptu Costantinus Rangkoly dimutasi dari PS Kapolsek Taniwel Timur ke Kasubbag Dal Pers Bag SDM Polres SBB. Posisi Kapolsek Taniwel Timur diisi olehIpda Joel Mauwa yang sebelumnya menjabat PS Kapolsek Taniwel. Iptu Ibrahim Lestaluhu, dari Kaur Bin Opsnal Satreskrim Polres SBB digeser sebagai PS. Kapolsek Taniwel.

AKP Jacobus Tahalele dari Kasubbag Sarpras Bag Sumda Polres SBB  ke Kasubbag Strajemen Bag Ren Polres SBB.

Jabatan Kapolsek Kairatu Timur juga berganti. Ipda Abdul Kadir Kiat digantikan Ipda Zulkifli Asri yang sebelumnya sebagai Pama Polres SBB. Kiat sendiri mendapat jabatan baru sebagai Panit 4 Sub Dit 2 Ditintelkam Polda Maluku. (Imran)