Tradisi Baru Pelepasan Purnawirawan TNI dan Pensiunan Sipil Dandim 1504/Ambon Beri Penghargaan kepada 16 Purnawirawan

CM, AMBON 

Bersamaan dengan kenaikan pangkat dari Letnan Kolonel menjadi Kolonel,  Dandim 1504/Ambon, Kolonel Inf. DC. Soumokil berkenan melepas 16 purnawirawan TNI Kodim 1504/ Ambon usai memasuki masa purna bhakti selaku prajurit TNI AD.

Upacara pelepasan para purnabhakti tersebut berlangsung di halaman makodim 1504/Ambon. Kamis,01/04/2021 dimana seluruh prajurit TNI Kodim 1504/Ambon membentuk barisan di kiri kanan kemudian para prajurit purnawirawan berbaris dan berjalan keluar pelataran makodim sementara di gerbang utama masuk ke makodim Komandan Kodim Kolenel Inf. DC. Soumokil berdiri di tengah-tengah pintu gerbang dalam posisi siap menyerahkan sebuah map yang di dalam berisi AK pensiun dan satu cenderamata yang menjadi kenangan bagi para purnawirawan tersebut.

Terlihat sebagaimana tradisi di militer, sebelum menerima map tersebut anggota purnawirawan yang adalah senior Dandim memberikan penghormatan dan menerima map dari mantan komandannya kemudian dilanjutkan dengan jabat tangan dan diakhiri dengan pelukan hangat sang dandim yang barusan menerima kenaikan pangkat dari Letkol menjadi Kolenel.

Tak terelakan lagi sebagian besar dari mereka sempat meneteskan air mata keharuan. Mengapa tidak ?. Tradisi yang baru pertama mereka alami setelah bertahun-tahun menjalani tugas selaku prajurit TNI AD mereka alami di mana sebelumnya jika prajurit menyelesaikan masa bhaktinya selalu dilakukan secara diam-diam akan tetapi Dandim 1504/Ambon melakukan sebuah inovasi baru yakni tradisi melepaskan para purnawirawan TNI.

Kepada wartawan usai acara pelepasan Dandim 1504/ Ambon mengatakan acara tradisi ini dibuatnya sebagai perwujudan generasi muda di TNI memberikan hirmat yang setinggi-tingginya kepada para purnawirawan yang sudah memdarma bhaktikan dirinya untuk bangsa dan negara yang rata-ratanya antara 30 tahun lebih.

Disebutkan para purnawirawan ada menerima pensiun awal tahun 2021 dan ada pula di tahun 2020 akan tetapi demi penghormatan atas jasa mereka pihaknya mengundang mereka khusus untuk acara tradisi ini yang bertepatan dengan kenaikan pangkat sejumlah prajurit di lingkungan Kodim 1504/Ambon termasuk dirinya dari letkol menjadi kolonel.."Ini sudah betul-betul sudah pensiun, katong undang dorang datang ke Kodim lagi sekaligus memberikan semacam tanda penghargaan atas nama negara dan TNI AD atas pengabdian yang tulus dorang sudah berikan kepada negeri ini"ujar Soumokil. Sambil menambahkan walaupun itu kecil tetapi sebagai ucapan syukur dan terima kasih dari segenap komponen Kodim 1504/ Ambon. (CM)