Polresta Ambon Gelar Operasi Merah Putih, Jelang HUT Kelompok Separatis RMS

Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang,S.IK - Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease

CM, AMBON - Tanggal 25 April selalu diperingati sebagai hari lahir Negara Republik Maluku Selatan (RMS). Adalah Chris Soumokil, yang memproklamirkan negara RMS pada 25 April 1950 untuk melepaskan diri dari Negara Indonesia.

Walaupun RMS telah di cap pemerintah RI sebagai kelompok terlarang, namun sebagian pengikutnya hingga saat ini masih terus bergerak dan berjuang untuk merdeka dari Indonesia. Setiap tanggal 25 April akan selalu diperingati dengan berbagai cara.

Jelang HUT RMS 25 April 2021, Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menyiapkan operasi Merah Putih Siwalima. Operasi ini bertujuan mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas jelang HUT RMS. Operasi merah putih ini dilakukan selama lima hari mulai Jumat (23/4/2021) hingg Selasa (27/4/2021).

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Komisaris Besar Polisi Leo Surya Nugraha Simatupang mengungkapkan operasi merah putih tahun ini melibatkan 210 personil.

"Personil yang dilibatkan, ada 210 orang. Juga ada back up dari Polda Maluku, TNI baik dari Kodam maupun Kodim," ungkapnya kepada media ini Jumat (23/4/2021) di Mapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Leo jelaskan, operasi merah putih ini merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan. Hanya saja akan lebih terfokus untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas selama lima hari pelaksanaan operasi merah putih.

Dalam pelaksanaan operasi ini, Leo yang pernah menjabat Kapolres Pulau Buru katakan pastinya akan ada sasaran maupun target-target tertentu yang harus dicapai.

"Sesuai dengan operasi yang ada, yang kita rencanakan, tentunya ada sasaran-sasaran tertentu, ada target-target tertentu, yang harus kita selesaikan dalam kegiatan ini," ujarnya.

Dalam operasi merah putih ini, Leo beberkan pihaknya tidak membentuk pos-pos tertentu. Personil hanya dibagi sesuai wilayah pantauan masing-masing. 

"Kita tidak ada membentuk pos-pos tertentu, kita hanya membagi sesuai dengan wilayah pantauannya masing-masing. Di wilayah hukum Polresta Pulau Ambon ini kita sudah tempatkan anggota-anggota untuk melakukan kegiatan selama beberapa hari ke depan," paparnya.

Untuk situasi kamtibmas, ia katakan untuk wilayah hukum Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease dalam keadaan kondusif. (Imran)