Polisi Kejar Terduga Penembak Warga Siri Sori Amalatu

Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang,S.IK - Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease


CM, AMBON - 
Hingga kini aparat kepolisian Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease terus memburu terduga pelaku penembakan yang merenggut nyawa Jacub Tutuhatunewa (65), warga negeri Siri Sori Amalatu, di Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah. 

Identitas terduga pelaku penembakan adalah DS, warga negeri tetangga dari negeri Siri Sori Amalatu.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Komisaris Besar Polisi Leo Surya Nugraha Simatupang menegaskan, sampai kemanapun terduga pelaku kabur, pihaknya akan terus mengejar.

"Ada kemungkinan bisa saja DS ini sudah keluar dari Saparua, namun kemana pun dia pergi, tetap akan kita kejar," tegas Leo kepada media ini Jumat (23/4/2021) di Mapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Ia ungkapkan, DS diduga memiliki senjata api. Ia juga diduga sebagai pelaku penembakan yang menewaskan Jacub Tutuhatunewa pada Minggu (18/4/2021) lalu.

"Berdasarkan keterangan saksi maupun petunjuk-petunjuk lain patut diduga dia (DS-red) sebagai tersangka kepemilikan senjata api maupun diduga juga yang melakukan penembakan. Sementara kami upayakan pencarian terhadap saudara DS itu, saat masih di kejar," ujarnya.

Ia juga meminta bantuan warga sekampung dengan terduga pelaku DS agar bisa lebih terbuka memberikan informasi agar DS secepatnya bisa tertangkap. 

"Masyarakat sementara kita upayakan agar mau kooperatif. Kita upayakan supaya masyarakat bisa lebih terbuka agar si terduga ini bisa cepat tertangkap," harapnya.

Peristiwa penembakan ini terjadi Minggu (18/4/2021) dimana korban ditemukan sekitar pukul 12.00 WIT di Hutan Dusun Asino yang masuk dalam petuanan Negeri Siri Sori Amalatu.

Saat itu, warga negeri Siri Sori Amalatu menemukan korban tergeletak bersimbah darah. Ternyata, leher korban berdarah akibat ditembus proyektil senjata api. 

Awalnya korban hendak mengambil hasil kebun. Usai ibadah Minggu, korban menuju kebunnya seorang diri. 

Tak lama kemudian, warga mendengar bunyi rentetan tembakan senjata api. Ada sekitar lima kali terdengar bunyi tembakan.

Sejumlah warga yang penasaran dengan bunyi tembakan itu kemudian bergegas mendatangi lokasi bunyi tembakan. Apalagi warga mengetahui kalau korban pergi ke kebunnya di Dusun Asino seorang diri.

Ternyata kecurigaan warga benar karena saat tiba di lokasi asal bunyi tembakan, warga menemukan korban dalam keadaan tergeletak bersimbah darah. Ternyata leher korban jadi sasaran penembakan. Ada lubang menganga yang diduga akibat proyektil senjata api yang menembus leher korban. Warga kemudian mengevakuasi korban ke Negeri Siri Sori Amalatu. (Imran)