70 Penyuluh Agama Kristen Kota Ambon Ikut Pembinaan Peningkatan Kapasitas Tahun 2021

CM, AMBON

Bertempat di lantai 8 hotel Golden Palace Ambon,  kamis, 15/04/2021 Kepala kantor kementerian agama (KEMENAG) kota ambon Drs. H. Zain Firdaus Kaisupy berkenan membuka dengan resmi pelaksanaan kegiatan sehari pembinaan Kompetensi dan Manajerial Penyuluh Agama Kristen Kota Ambon yang digelar oleh seksi agama kristen kemenag kota Ambon

Kakanmenag dalam sambutannya antara lain mengatakan penyuluh agama baik PNS maupun non PNS dari masing masing agama:  Islam,  Kristen,  Katolik, Hindu,  Budha dan Kong Hucu adalah jembatan antara pemerintah dan masyarakat. Artinya penyuluh agama itu memberikan informasi tentang pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah dengan bahasa agama. "tentunya menyampaikan sesuai dengan keyakinan masing-masing, kalau agama kristen tentunya menyampaikan dengan firman-firman Tuhan sesuai dengan ajaran kristen", ujarnya, seraya menambahkan apa saja yang dilaksanakan oleh penyuluh. Disebutkan, apa saja yang disampaikannya yang tidak mengkin mencakup semua informasi tentang bidang-bidang lain yang tidak ada kaitannya dengan masalah keagamaan. Dengan kata lain menurut Kakanmenag,  penyuluh agama bertugas untuk menyampaikan informasi tentang pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah di bidang keagamaan

Menurutnya sesuai dengan juknis Bimas Kristen yang dibacanya ada sebanyak 17 lokasi binaan yang menjadi tempat kerja dari penyuluh agama kristen, salah satunya di lembaga pemasyarakatan (Lapas), karena menurutnya setiap penyuluh agama kristen idealnya memiliki lokasi tempat pembinaan karena jika tidak memiliki lokasi maka ia bukanlah seorang penyuluh.

Disebutkan tugas dari penyuluh agama kristen adalah menyampaikan sebagian besar informasi-informasi yang terkait dengan tugas dan fungsi Bimas Kristen. Sama halnya dengan penyuluh agama islam menyampaikan tupoksi dari Ditjen Bimas islam.

Di kesempatan itu Kaisupy sempat mempertanyakan apakah seluruh penyuluh sudah mengetahui tupoksi dan tugas serta tanggungjawab dari Dirjen Bimas Kristen? jangan sampai para penyuluh juga belum mengetahui struktur  organisasi dari Dirjen Bimas Kristen itu sendiri, meskipun demikian KaisupY mengatakan patut dimaklumi karena para penyuluh yang ikut pembinaan adalah penyuluh baru sehingga menugaskan kepala seksi untuk secara perlahan-lahan bisa menyapaikan juknis tersebut kepada para penyuluh pemula tersebut. Termasuk di dalamnya standar kompetensi dan visi serta misi dari Dirjen Bimas Kristen kepada penyuluh.

Sementara itu,  mengawali laporannya Kepala Seksi Bimbingan masyarakat (Bimas) Kristen Kemenag kota Ambon Remuns Untarola S.Th menyampaikan selamat menunaikan ibadah ramadhan kepada umat Muslim di kota Ambon yang tengah melaksanakannya saat ini Selanjudnya dalam laporannya Untarola antara lain mengatakan dasar dari kegiatan pembinaan penyuluh non PNS agama Kristen kota Ambon tahun 2021 adalah UUD no 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara dan Peraturan Presiden no 44 pasal 23 tahun 2012 tentang Kementrian Agama, Peraturan Menteri Agama no 19 tahun 2018 tentang berorganisasi dan tata kerja instansi Vertikal Kementerian Agama, Keputusan bersama Menteri Agama dan Kepala Kepegawaian no 574 tahun 1979 dan no 178 tahun 1999 tentang petunjuk pelaksanaan jabatan fungsional penyuluh dan angka kreditnya, Keputusan Mentrri Agama  no 769 tahun 2018 tentang Pedoman Penyuluh Agama non Pegawai Negeri Sipil (non PNS). Sedangkan tujuan kegiatan menurut Untarola agar peserta dapat lebih memahami fungsi serta perannya dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai Penyuluh Agama Kristen.

Menurut kasi Bimas Kristen peserta penyuluh kali ini sebanyak 70 orang dari total keseluruhan 161 penyuluh non.PNS di kota Ambon yang direkrut tahun ini dengan masa kontrak 3 tahun ke depan. Ditambahkan bagi penyuluh yang belum diikutsertakan dalam kegiatan pembinaan peningkatan kompetensi penyuluh kali ini akan diikutsertakan dalam kegiatan serupa di kesempatan berikutnya  "Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 70,  sedangkan diinformasikan penyuluh non PNS kita berjumlah 161, dan kali ini kita ikutsertakan 70 dari 161 orang penyuluh, dan kalau kegiatan berikut baru kita ikutsertakan sisanya". ujarnya sembari menambahkan semua peserta yang mengikuti kegiatan pembinaan peningkatan kompetensi penyuluh tahun 2021 ini adalah penyuluh rekrutan baru  Sementara itu sebelum membuka dengan resmi penyelenggaraan kegiatan pembinaan peningkatan penyuluh tahun 2021 Kakanmenag juga sekaligus menyampaikan pemaparan materi tentang Peran Penyuluh Agama Dalam Pembangunan Bidang Keagamaan. (PB)