SMAVER Ambon Laksanakan Ujian Tertulis Online 15 Maret Mendatang

CM, Kota Ambon

Kepala SMA Xaverius (SMAVER) Ambon, RD. Pius Titirloloby mengatakan siswa kelas XII SMAVER bakal melaksanakan ujian tertulis sekolah mulai tanggal 15 Maret mendatang sementar untuk ujian praktek akan berakhir hari ini, Jumat, 05/03/2021.

Demikian antara lain penjelasan pastor Kepsek kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis, 05/03/2021.

Dikatakan untuk pelaksanaan ujian tertulis nanti sekolah akan menggunakan aplikasi geogle meet dipadukan dengan geogle form untuk pembuatan soalnya  dan masuk online dalam geogle meetnya sehingga diharapkan pada saat ujian camera dari masing-masing peserta ujian harus dalam.keadaan on kemudian diklik dan selanjutnya dikearakan soalnya.

Pastor Kepala sekolah mengakui sistem yang dipakai ini ada terdapat kelemahannya akan tetapi pihaknya tetap akan mengarahkan para siawa peserta ujian agar melakasanakan ujian secara jijur dan tidak boleh terpengaruh dengan keberadaannya yang sendiri di rumah saja sehingga melakukan kecurangan-kecurangan. Pastor berharap meskipun ujian di rumah saja tetapi para siswa agar menjaga integritas dan jujur dalam mengikuti ujian online ini.

Terkait dengan soal kejujuran pastor menekankan soal kejujuran dan bukan soalnya adalah siswa harus memperoleh nilai 100 akan tetapi harus jujur karena hal itu terkait erat dengan khwalitas diri dalam melanjutkan studi di perguruan tinggi atau pun memasuki dunia kerja. Sebab menurutnya jika seorang siswa rajin dan tekun belajar maka ia akan dengan mudah menjawab setiap soal yang disodorkan saat ujian berlangsung. Oleh sebab itu pastor berharap agar siswa harus mengedepankan soal integritas dalam ujian tulis kelak.(PB)