Kapolsek KPYS Launching Kelurahan Silale Sebagai Kampung Tangguh Sagu Nusantara

Kapolsek KPYS Iptu Richard Matthew menyampaikan sambutan saat launching Kampung Tangguh Sagu Nusantara di Kelurahan Silale, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Rabu (10/2/2021)

CM, Kota Ambon

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon Iptu Richard Matthew memilih Kelurahan Silale Kecamatan Nusaniwe dijadikan kampung tangguh nusantara. 

Launching Kampung Tangguh Sagu Nusantara ini berlangsung Rabu (10/2021) di Kawasan Kelurahan Silale. 

Hadir dalam kegiatan ini Kapolsek KPYS Ambon Iptu Richard Matthew, Sekertaris Kelurahan Silale Insyam Suneth, Kanit Intelkam Polsek KPYS Bripka Eko Prahanoto, Kanit Binmas Polsek KPYS Bripka Deny Umar Vally, Kasium Polsek KPYS Bripka Hartaty Djalil, Komandan Pos Pelabuhan Enrico

Bripka Abdul Gafur Assel, Bhabinkamtibmas Kelurahan Silale Bripka Yusapto Mirahadi, Babinsa Kelurahan Silale, Sertu Abdul Gafur Ululeang, Staf Kantor Kelurahan Silale serta 20 orang warga Kelurahan Silale. 

Kapolsek KPYS Iptu Richard Matthew ungkapkan dilaksanakan kegiatan ini merupakan bentuk pelaksanaan salah satu program kerja 100 hari Kapolri baru Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada point 14 yaitu tingkatkan dan kembangkan kampung tangguh nusantara untuk penanganan Covid-19 di seluruh daerah. 

"Terima kasih atas kehadiran bapak ibu sekalian, dalam kesempatan yang baik ini kami mendapat perintah dari pimpinan terkait dengan percepatan penangan Covid-19 dengan membentuk kampung tangguh sagu nusantara," ujar Matthew dalam sambutannya melaunching kampung tangguh sagu nusantara ini. 

Ia katakan, sebagai aparat di Kelurahan baik itu pimpinan Kelurahan, staf dan kepolisian lewat bhabinkamtibmas serta TNI lewat Babinsa sebagai aparat di kelurahan merupakan promotor masyarakat. Karena itu para promotor masyarakat ini harus berupaya memberdayakan masyarakat untuk menaikan taraf kesejahteraan hidup, keamanan lingkungan dan kenyamanan kehidupan antar warga. 

Dalam suasana pandemi Covid-19 ini, Matthew menegaskan kepatuhan terhadap protokol kesehatan  Covid-19 merupakan hal yang wajib dilaksanakan masyarakat. 

Dalam kerangka menuju kampung tangguh ini, mantan Kasatreskrim Polres Aru ini katakan personil Bhabinkamtibmas serta Babinsa sebagai pioner utama wajib menjaga wilayah kelurahan ini agar seluruh warga dapat mematuhi protokoler kesehatan Covid-19. 

Selain kegiatan kampung tangguh Sagu nusantara ini, Iptu Richard beberkan Polsek KPYS  telah mengagendakan sejumlah kegiatan sosial untuk warga di kelurahan ini, antara lain pembagian sembako serta pembagian masker. 

Diakhir sambutannya, ia mempersilahkan bila ada inovasi pembangunan dari warga untuk membangun kawasan kelurahan ini, dapat langsung disampaikan ke petugas bhabinkamtibmas atau pun babinsa dan selanjutnya akan dilaporkan ke pimpinan. 

Terhadap kegiatan kampung tangguh sagu nusantara dari Polsek KPYS, sekretaris Kelurahan Silale Insyam Suneth mewakili seluruh warga Kelurahan Silale menyampaikan apresiasi serta rasa terima kasih kepada institusi kepolisian

"Kami berterima kasih kepada kepolisian lewat Polsek KPYS, yang telah memilih Kelurahan Silale untuk dijadikan sebagai kampung tangguh sagu nusantara," kata Suneth. 

Dalam kegiatan ini juga diadakan sesi tanya jawab dengan warga yang membuat suasana menjadi dinamis karena ada interaksi langsung Kapolsek KPYS mendengar masukan warga Kelurahan Silale. (Imran)