SMA Xaverius Ambon Laksanakan Penilaian Akhir Semester Gunakan Aplikasi Classroom


CM, KOTA AMBON

Kepala SMA Xaverius Ambon, pastor Pius Titirloloby, Pr mengatakan untuk kegiatan penilaian akhir semester di sekolahnya sedang melaksanakannya dengan menggunakan aplikasi classroom.

Demikian antara lain penegasan pastor Pius kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu, 02/12/2020.

Dikatakan alasan menggunakan aplikasi classroom dalam melaksanakan kegiatan penilaian akhir semester dikarenakan selama ini pihaknya telah menggunakan aplikasi ini dalam kegiatan belajar mengajar selama pandemi covid-19 merebak di kota Ambon.

Menurutnya sebelum pelaksanaan ujian ini pihaknya telah mengarahkan siswa kalau akan melaksanakan ujian di rumah dan untuk itu pihak sekolah telah mengingatkan siswa kalau soal kejujuran sangat diharapkan dari sekolah seiring dengan adanya kepercayaan untuk ujian di rumah masing-masing.

Meskipun demikian sekolah tetap mengawasi lewat apliikasi serta menyediakan soal pilihan ganda serta esay yang membuat siswa untuk benar-benar siap dalam menjawab soal. Dalam arti meskipun mereka bisa mengerjakan soal sambil membuka buku akan tetapi harus berpikir keras untuk menjawab setiap soal esay yang sedikit sulit karena tidak semuanya terdapat dalam buku sehingga memerlukan analisa.

Menurut Pastor Kepsek, secara teknis semua guru memasukan soal melalui bidang kurikulum yang kemudian bidang kurikulum membuat klas di online dan para siswa mengikutinya dari rumah.

Terkait dengan pelaksanan ujian online ini menurut kepala sekolah tidak ada rapat bersama dengan orangtua untuk penyampaiannya akan tetapi melalui para wali kelas telah disampaikan dan diingatkan kepada siswa pada setiap saat sehingga meskipun orangtua tidak diberitahu  secara khusus akan tetapi para siswa telah mengetahuinya.

Kepada wartawan Pastor kepala sekolah menjelaskan jika sejak bergulirnya pendidikan virtual ini pihaknya telah menjelaskan kepada orang tua bahwa sistim penilaian karakter sekolah di masa pandemi ini mencakup 3 hal.. Pertama soal keaktifan mengikuti pembelajaran online. Kedua pengumpulan tugas-tugas mencakup keaktifan dan kerajinan siswa.

Ketiga soal mengikuti Misa setiap hari Jumat.

Menurutnya tiga hal itu yang menjadi penilaian karakter sehingga orang tua mengikuti atau tidak Sesibuk apapun Orang tua harus mengontrol tiga hal ini Jika menginginkan nilai karakter bagi anak-anaknya itu baik.

Pastor kepala sekolah menegaskan terkait dengan kejujuran siswa itu bisa dinilai dari 3 hal tersebut sehingga Sesibuk apapun orang tua mestinya ikut mengontrol dan mengawasi siswa untuk 3 hal tersebut yang merupakan kunci dari pada penilaian karakter dari sekolah bagi siswa selama masa pandemi virus Corona 19..

Adapun pelaksanaan penilaian akhir semester telah berlangsung dari Selasa tanggal 1 Desember 2020.(PB)