60 Personil Kodim 1504/Ambon Dilibatkan Amankan Nataru


CM, KOTA AMBON 

Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), sebanyak 60 Personil Kodim 1504/Ambon akan dilibatkan dalam pengamanan.

Demikian penjelasan Komandan Kodim 1504/Ambon Letkol DC Soumokil, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (16/12/2020).

Menurutnya, pada tanggal 11 Desember 2020, di Polresta Ambon, digelar Rapat lintas sektoral dalam rangka OPS Lilin Siwalima 2020 ke 60 Personil Kodim akan memback up pihak kepolisian dalam pengamanan Nataru.

Dalam hasil koordinasi, titik-titik pelayanan pengamanan sudah ditentukan dari pulau Ambon sampai pulau Lease akan diisi oleh 60 Personil yang sudah disiapkan.

Soumokil menambahkan, disamping 60 Personil yang akan dilibatkan dalam OPS Lilin Siwalima, pihak Kodim juga akan melaksanakan PAM Internal sesuai dengan tugas serta fungsi di wilayah, yang mana semua personil yang ada di 8 Koramil yang berada di wilayah Pulau Ambon dan Pp Lease, tetap melaksanakan tugas pengamanan diwilayah masing-masing.

"Paling tidak mereka bisa mencegah atau mendeteksi dini apabila terjadi permasalahan-permasalahan di lapangan," ujar perwira Kodim asal Maluku.

Ia menambahkan, pihak Kodim akan berupaya agar seluruh wilayah menjadi kondusif, sehingga masyarakat Nasrani bisa merayakan petayaan Natal dengan aman, lancar dan nyaman di tengah covid-19.

Terkait potensi wilayah yang rawan berada di Kota Ambon, karena titik pergerakan kegiatan berada di Ambon, sehingga alan menjadi prioritas, tetapi tidak akan mengabaikan wilayah lainnya.

Soumokil menjelaskan, khusus untuk personil Kodim 1504, sudah diberikan pembekalan bagaimana menghadapi tugas pada Pandemi Covid-19.

Dijelaskan , ditengah Covid-19 , pengamanan harus spesial, tidak seperti tahun sebelumya, karena  perayaan Natal dan Tahun Baru identik dengan keramaian, eforia dan sukacita dan disana pasti tejadi penumpukan masa.

Untuk itu, prajurit butuh pengendalian diri dalam memberikan himbauan kepada masyarakat  sehingga tidak akan tejadi pelanggan Protab kesehatan.

"Mereka harus dibekali bagaimana memberikan himbauan-himbauan  kepada masyarakat dengan mengedepankan sikap yang humanis, bagaimana menghimbausecaea baik, bijaksana sehingga masyarakat bisa mengerti kalau ini untuk kepentingan kita semua,"ujar Soumokil.

Dandim 1504 mengingatkan agar momentum Natal dan Tahun Baru untuk bersukaria, dengan mengkomsumsi miras, sehingga tidak akan tejadi bentrokan antar kelompok maupun perorangan.

Kepada masyarakat Soumokil berharap dalam menyambut natal ini lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, sehingga tidak akan membuat hal-hal yang akan melanggar Protab kesehatan. 

Untuk itu, masyarakat diharapkan bisa mengacu kepada kebijakan serta aturan yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Ambon.(AB)